Kanwil DJP Luncurkan Program KSWP

29 Views

KORDANEWS – Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumsel dan Kep. Babel bersama dengan KPP Pratama Baturaja dan Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) dan Ogan Komering Ulu Timur (OKU Timur) meluncurkan Program Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP) pada hari Kamis, 2 November 2017.

Acara ini dilaksanakan di Aula Abdi Praja Baturaja dan Aula Bina Praja Martapura masing-masing kantor Pemkab yang dimulai pukul 09.00 WIB (OKU) dan pukul 14.00 WIB (OKU Timur).

Di Baturaja, hadir dalam acara ini Kepala Kanwil DJP Sumsel Babel M. Ismiransyah M. Zain beserta staf yang didampingi juga Kepala KPP Pratama Baturaja Akhmad Yani, Bupati OKU Drs. KuryanaAzis, unsur Muspida, dan tokoh masyarakat setempat.

Peluncuran program ini dalam rangka menindaklanjuti Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2015 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Tahun 2015 dan Permendagri Nomor 112 Tahun 2016 tentang Konfirmasi Status Wajib Pajak dalam Pemberian Layanan Publik Tertentu di lingkungan Pemerintah Daerah yang menyatakan bahwa perlu dilakukan validasi dan konfirmasi status wajib pajak dalam pemberian layanan publik tertentu oleh pemerintah daerah.

Konfirmasi status wajib pajak sendiri adalah kegiatan validasi data kewajiban perpajakan masyarakat yang dilakukan oleh pemerintah daerah sebelum memberikan layanan publik tertentu untuk memperoleh keterangan status Wajib Pajak. Keterangan yang dimaksud adalah informasi yang diberikan oleh pemerintah daerah hasil dari pencocokan data secara online dengan database Direktorat Jenderal Pajak yang menyatakan bahwa pemohon layanan publik tertentu tersebut sudah valid dalam menjalankan kewajiban perpajakan dua tahun terakhir.

Untuk pemohon yang belum memiliki NPWP saat pengajuan permohonan layanan publik, dapat membuat NPWP terlebih dahulu ke Kantor Pelayanan Pajak terdekat atau secara online melalui laman https://www.ereg.pajak.go.id/.

Layanan publik yang dimaksud tersebut paling sedikit terdiriatas : a) izin usaha perdagangan, b) izin usaha hiburan c) izin mendirikan bangunan d) izin usaha restoran e) izin tempat penjualan minuman beralkohol f) izin gangguan g) izin trayek h) izin usaha perikanan, dan/atau i) izin mempekerjakan tenaga kerja asing. Dengan adanya program ini diharapkan pemenuhan kewajiban perpajakan baik itu untuk kewajiban pajak daerah dan pajak pusat dapat dilakukan pengawasan lebih baik.

Kepala KPP Pratama Baturaja Akhmad Yani menuturkan, program KSWP ini sangat bermanfaat khususnya bagi daerah. “Dengan program ini, diharapkan kepatuhan perpajakan dapat ditingkatkan yang berujung pada meningkatnya penerimaan pajak pusat dan dana bagi hasil bagi setiap pemerintah daerah,” ujarnya.
Sementara itu, Kakanwil DJP Sumsel dan Kep.Babel M. Ismiransyah sangat mengharapkan dukungan dan bantuan segenap pejabat daerah, unsur muspida, dan masyrakat untuk menyukseskan program ini yang merupakan instruksi presiden.

“Ini adalah instruksi presiden, hendaknya kita menghargainya dan berusaha sebaik mungkin untuk dapat dilaksanakan. Program ini sudah disusun dengan sangat baik dan dapat memberikan manfaat yang luar biasa baik bagi DJP maupun bagi pemerintah daerah. Hal ini menunjukkan sinergi yang baik antar instansi pemerintah.

”Beliau menutup sambutan dengan harapan agar program ini dapat terlaksana dengan lancar dimasa mendatang.

Menanggapi sambutan Kakanwil, Bupati OKU Drs. Kuryana Azis menyampaikan dukungan terhadap program yang sangat baikini. “Mari kita laksanakan program ini dengan harapan dapat ikut memberikan manfaat yang signifikan bagi penerimaan daerah kita.”

Setelah menghadiri acara di Baturaja, rombongan Kakanwil bertolak menuju kota Martapura yang juga menyelenggarakan kegiatan serupa pukul 14.00 WIB. Acara tersebut dihadiri oleh Bupati OKU Timur, HM.Kholid Mawardi S. Sos.,yang didampingi Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Kabupaten OKU Timur dan unsur Muspida, serta tokoh masyarakat.

Dalam acara tersebut Bupati OKU Timur menjelaskan bahwa dengan adanya KSWP setiap masyarakat dan pelaku usaha yg mengajukan ijin akan dicek validitas NPWP dan kepatuhan pajaknya sehinga dengan adanya program ini kepatuhan pajak dan penerimaan pajak dapat ditingkatkan.
Dikesempatan tersebut Kakanwil DJP sumsel dan kep.babel juga menjelaskan tentang pentingnya kesadaran pajak bagi masyarakat, pelaku usaha dan Bendahara di pemda OKU Timur dalam hal pelaporan dan pembayaran pajak pada tahun 2017. Sebagai penutup sambutan Bapak bupati OKU Timur juga menjelaskan pentingnya Kepatuhan Pajak dan NPWP dalam hal perizinan di wilayah OKU Timur sehingga dengan program ini dapat meningkatkan pendapatan daerah. Sebagai simbol peluncuran dan implementasi program tersebut, masing-masing Bupati melakukan pemukulan gong peresmian.

Editor : awan

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: