Begini Ragam Modus Investasi Bodong

11102 Views

Ilustrasi Investasi Bodong

KORDANEWS – Satuan tugas (satgas) waspada investasi segera memeriksa sejumlah entitas yang diduga menjalankan investasi bodong.

Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing menjelaskan, investasi bodong tersebut paling banyak melakukan money game atau permainan uang.

“Beberapa entitas yang akan kami panggil diantaranya diduga melakukan kegiatan money game. Kami masih terus analisa dan teliti,” kata Tongam, Selasa (7/11).

Money game adalah kegiatan pengumpulan dana atau kegiatan menggandakan uang. Biasanya money game akan memberikan bonus atau komisi dari penambahan atau perekrutan anggota baru dan bukan dari penjualan produk. Kalaupun ada dari penjualan produk itu hanya kamuflase.

Menurut dia banyaknya masyarakat yang tergiur investasi bodong karena masih banyak yang belum paham konsep investasi. Saat ini juga praktik masih banyak di lingkungan masyarakat.

“Banyak masyarakat yang tidak paham apa itu investasi, jadi ketika ada tawaran dan imbal hasilnya besar tanpa pikir panjang mereka langsung ikut,” ujar Tongam.

Selain itu Tongam juga menjelaskan ramainya praktik investasi bodong di Indonesia terjadi karena banyaknya masyarakat ingin cepat kaya.

“Mau kaya dan dapatkan untung yang cepat tapi tidak memikirkan risiko,” kata dia.

Dia menjelaskan, banyak masyarakat yang tergiur dengan penawaran investasi bodong ini. Misalnya, perusahaan menawarkan imbal hasil investasi sampai 10% per bulan.

“Inikan penawarannya tidak masuk akal, mereka ditawarkan bunga 10% sebulan tanpa risiko. Investasi itu makin tinggi return makin tinggi risikonya,” ujar dia.

Dia mencontohkan saat ini tingkat bunga deposito saja paling tinggi 6% jadi penawaran 10% hingga lebih dinilai tidak masuk akal.

Editor : mahardika

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: