Mau Gelar Nikahan Kayak Putri Jokowi ? Cek Disini Biayanya

10891 Views

KORDANEWS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal menggelar acara pernikahan putrinya, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution. Pernikahan yang digelar di Solo, Jawa Tengah itu menarik perhatian masyarakat.

Pernikahan putri orang nomor 1 di Indonesia itu digelar dengan konsep tradisional, mulai dari prosesi kirab, siraman, midodareni, akad nikah hingga resepsi. Lalu berapa kira-kira dana yang dibutuhkan?

General Manager BRP Ballroom, Sagaf Basry mengatakan, untuk menggelar pernikahan dengan konsep tradisional biasanya diperlukan biaya tambahan untuk menyewa jasa vendor penyedia prosesi pernikahan tradisional.

“Kalau pakai adat itu biasanya perlu jasa vendor juga. Sangat jarang wedding planner yang tidak bekerja sama dengan vendor. Apalagi itu proses adatnya sangat detail. Banyak memang vendor yang khusus adat Jawa misalnya, sampai ada Nias juga ada,” tuturnya seperti dilansir dari detikfinace, Selasa (7/11).

Sagaf mengatakan, untuk harga vendor adat bervariasi tergantung panjangnya prosesi adat. Rentang harganya dari mulai Rp 10 juta untuk yang standar hingga Rp 100 juta untuk prosesi lengkap.

“Itu lengkap menyediakan peralatan hingga prosesi. Biaya itu untuk vendornya saja,” terangnya.

Sang pengantin tentu harus mengeluarkan lagi biaya untuk paket wedding planner. BRP Ballroom sendiri menyediakan paket pernikahan dengan kisaran harga Rp 165 juta sampai dengan Rp 300 jutaan. Harga tersebut sudah termasuk katering

“Itu tergantung jumlah undangannya. Karena komponen terbesar itu katering. Kita juga akan mendampingi mulai dari perencanaan sampai hari H,” imbuhnya.

Biaya tersebut tentu belum termasuk uang untuk seserahan, emas kawin, souvenir, undangan, sewa gedung dan kebutuhan pernikahan lainnya.

Editor: mahardika

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: