Hindari Pajak, Dana Asing Bersiap Kabur

13079 Views

KORDANEWS – Menjelang tutup tahun dana asing diprediksi akan keluar jorjoran menyusul upaya dari pelaku pasar untuk menghindari pajak deviden. Oleh karena itu, sebelum memasuki Januari asing lebih dominan untuk melakukan pembelian.

Branch Manager Valburi Sekurtas Palembang, Suprianto mengatakan, menjelang akhir kuartal keempat tren pergerakan saham memang mengalami laju positif. Namun di pekan kedua atau ketiga Desember biasanya tren peningkatan akan terhenti sejenak.

“Kondisi ini disebabkan investor asing mulai melepas saham. Tujuannya tentu untuk persiapan ganti portopolio baru menuju Januari efek. Selain itu asing juga keluar untuk menghindari pajak,” kata dia, Rabu (8/1)

Ketika akhir tahun, biasanya emiten akan melakukan pembagian deviden. Meski RUPS untuk memutuskan besaran deviden yang dibagian paling cepat pada Februari, namun bagi yang memegang saham hingga akhir tahun tentu akan mendapatkan bagian deviden tersebut disanalah ada pajak yang harus dibayarkan.

“Pajak itukan dikenakan untuk semua jenis penghasilan, makanya pemilik saham yang mendapatkan margin wajib untuk membayar pajak. Pelaku asing biasanya tidak mau repot dengan urusan pajak, makanya mereka lebih memilih keluar dan masuk lagi pada Januari atau Februari dengan memilih emiten baru,” jelas dia.

Sementara itu, keluarnya dana asing menurut Aidil Idham, Branch Manager Mandiri Sekuritas tidak perlu dikhawatirkan. Sebab, kekuatan dana dari investor lokal saat ini sudah sangat memadai. Makanya penguatan indeks yang terjadi saat ini hingga sudah beberapa kali pecah rekor merupakan kontribusi dari investor lokal.

“Dari sisi dana memang asing jauh lebih besar, namun lokal memiliki kelebihandari sisi volume, makanya perbandingan antara investor lokal dan asing saat ini sama,” kata Aidil.

Editor : mahardika

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: