Dapat Bantuan Benih, Produksi Jagung Meningkat

14590 Views

KORDANEWS—–Produksi Jagung di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mulai dari tahun 2012 sampai 2017 semakin meningkat. Hal ini di sampaikan oleh Irfan Tri selaku Kabid Tanaman dan Pangan, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hultikultura Provinsi Sumsel.

“Peningkatannya sangat signifikan, di tahun 2012 produksinya hanya 112.918 ton sedangkan sampai dengan bulan Oktober 2017 ini produksi nya telah mencapai 796.773 ton”, beber Irfan ketika di temui diruang kerjanya, Senin (13/11).

Di akui Irfan, Pemerintah pusat melalui Mentri Pertanian memang sedang memprioritaskan peningkatan hasil panen Jagung selain Beras. Upaya ini pun di dukung dengan bantuan dari Menteri Pertanian berupa benih Jagung dan Pupuk.

“Bantuan benih ini di sebar pada 73 ribu hektar lahan Jagung di Provinsi Sumsel, dan pupuk sebayak 100Kg untuk satu hektarnya”, ucap dia.

Lanjut dia, Bantuan ini di mulai sejak tahun 2015 dan di Fokuskan untuk di lahanjarang tanam atau lahan tidur, dan juga untuk lahan yang hanya satu kali panen satu tahunnya.

Di tambahkan Irfan, untuk Provinsi Sumsel, Kabupaten OKU Selatan merupakan daerah terbesar penghasil produksi Jagung. Di harapkanya, Provinsi Sumsel mulai dari tahun ini tidak lagi meng-Impor Jagung.

“kita sedang berupaya di tahun 2017 ini tidak lagi meng-impor Jagung, bahkan kalau bisa kita yang akan mengekspor Jagung atau bisa lebih tinggi lagi menjadi lumbung Jagung Nasional”, harapanya.

editor : awan

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: