Polres Lahat Sebut PNS Banyak Ditilang Saat Operasi Zebra

15156 Views

KORDANEWS – Operasi Zebra yang telah diselenggarakan sejak 1 November berakhir 14 November hari ini. Di wilayah hukum Polres Lahat, Operasi Zebra berhasil menjaring 581 pelanggar lalu lintas dan 51 pengendara ditegur.

elasa (14/11) Operasi Zebra berakhir. Alhasil, 581 pengendara pun ditilang, dan 51 teguran. Namun dari ratusan pelanggaran itu, operasi yang digelar selama 14 hari atau sejak tanggal 1 November itu, ‘dikuasai’ Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Kapolres Lahat, AKBP Roby Karya Adi SIk melalui Kasatlantas AKP Dani Prasetya SIk mengungkapkan, dari para pengendara yang melanggar tersebut, didominasi oleh masyarakat yang berprofesi sebagai pegawai negeri sipil (PNS).

“Paling banyak PNS, melakukan pelanggaran administrasi, seperti tidak bawa STNK. Hanya saja tidak mengetahui angka pasti berapa PNS yang melakukan pelanggaran lalu lintas tersebut,” ujarnya.

Dani menjelaskan, untuk pelanggaran kendaraan roda dua sebanyak 425 dengan rincian 57 pengendara tidak menggunakan helm, 30 orang melawan arus, 33 orang melanggar rambu larangan berputar, delapan orang melanggar rambu putar arah, 143 orang tidak membawa STNK dan 153 orang kurang kelengkapan kendaraan lainnya.

“Sedangkan mobil, 32 orang tidak menggunakan sabuk keselamatan, dua pengendara melanggar rambu larangan putar, 17 tidak dilengkapi TNKB, tujuh kendaraan berlebihan muatan dan 79 pengendara tidak dilengkapi surat menyurat,” jelasnya.

Pihaknya menyita barang bukti berupa 195 SIM sebanyak, 256 STNK, dan 131 unit kendaraan dikandangkan. Dani mengimbau, meski Operasi Zebra telah berakhir, pengguna jalan harus tetap disiplin berlalu lintas.

“Harapan kita, disiplin berlalu lintas bukan dilakukan saat ada operasi saja. Sebab disiplin berlalu lintas itu bukan untuk siapa-siapa, hanya untuk pengguna jalan itu sendiri,” tutupnya.(Hs)

Editor: Janu

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: