Peringati HKN, Bupati Ajak Masyarakat Terapkan PHBS

17629 Views

KORDANEWS – Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar ajak masyarakat agar berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), dengan mengkonsumsi makanan sehat, buang air pada tempatnya, gunakan air bersih, tidak merokok dan narkoba. 

Hal tersebut diungkap saat menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53, di halaman Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr HM Rabain, Muara Enim.

“Peringatan HKN yang diadakan setiap tahun agar selalu mengingatkan kita untuk terus menjaga hidup sehat. Marilah berprilaku sehat agar tercipta masyarakat produktif dan aktif dalam pembangunan,” ajak bupati.

Muzakir juga mengajak untuk membudayakan makan buah dan sayur setiap hari, simpan sampah pada tempatnya, gunakan air bersih, tidak merokok dan.

Selain itu, Bupati juga mengajak masyarakat aktif berolah raga minimal 30 menit setiap hari, serta melakukan pemeriksaan kesehatan rutin di setiap bulan.

“Upaya-upaya tersebut merupakan wujud dari program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat,” ucap Bupati.

Muzakir juga berpesan kepada masyarakat agar melakukan tindakan preventif sebagai langkah awal terhindar penyakit.

Menurutnya, komponen penting dalam pencegahan penyakit dan kualitas pelayanan kesehatan.

“Karena prilaku keluarga memiliki dampak yang besar, keluarga merupakan pengalaman pertama bagi anak-anak, pendidikan dikeluarga dapat menjamin suasana hidup sehat di masa mendatang,” ujarnya.

Semantara itu, Direktur RSUD dr HM Rabain, dr Suwandi, mengatakan dalam memeriahkan acara HK HK ke-53 banyak kegiatan. Selain bakti sosial, turut pula lomba senam jantung sehat, serta pemilihan pegawai berprestasi.

“Kemudian ada juga gathering dan sosialisasi dengan para pasien hemodialisa, pelatihan kader ASI, anjangsana dan penyuluhan gerakan hidup sehat,” terang Suwandi.

Melalui kegiatan itu, lanjut dia, ingin kembali HKN tahun ini lebih dikenal dan berdampak positif kepada masyarakat di Bumi Serasan Sekundang.

“Kita jadikan HKN sebagai momentum merefleksiadaan mana keberhasilan upaya kesehatan, baik ditingkat promotif, preventif, kuratif dan rehalibitatif,” pungkasnya. (Ari)

Editor: Janu

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: