Palembang Satu-satunya Sekolah Pasar di Sumatera .

16650 Views

KORDANEWS – Pada Tahun 2017, Kota Palembang menjadi satu-satunya tempat dilaksanakannya Sekolah Pasar di Sumatera. Pada gelaran kali ini, peserta Sekolah Pasar ditujukan bagi pedagang Pasar Soak Bato.

Pelaksanaan Sekolah Pasar Soak Bato dibuka langsung Inspektur Jenderal Kemendag RI Sri Agustina, Kamis (16/11). Kegiatan ini dihadiri
Direktur Sarana Distribusi dan Logistik Ditjen Perdagangan Kemendag RI Sihard Hadjopan Pohan, dan Kepala Dinas Perdagangan Kota Palembang Hardayani.

Soak Batu terpilih sebagai tempat dilaksanakannya Sekolah Pasar dikarenakan pasar ini merupakan bagian dari proyek revitalisasi pasar yang dilaksanakan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Hingga saat ini di Kota Palembang terdapat 4 pasar yang direvitalisasi dari bantuan Kemendag RI.

“Tahun 2017 Sekolah Pasar hanya di gelar di Palembang dan Pontianak. Terpilihnya pasar di Palembang patut diapresiasi,” ujar Sri.

Menurutnya, Sekolah Pasar bertujuan untuk pemberdayaan pedagang. Hal ini merupakan bagian dari program revitalisasi pasar. Revitalisasi yang dimaksud tidak hanya menargetkan perubahan fisik pasar saja, namun juga memperbaiki sumber daya pedagang, serta meningkatkan aspek sosial budaya di lingkungan pedagang. .

“Ini berkaitan dengan kultur pedagang, bagaimana mengelola keuangan, memasarkan dagangan, aspek kesehatan, etika para pedagang. Kita tidak bisa hanya memenuhi kebutuhan fisik saja, tanpa mengetahui kebutuhan pedagang itu sebenarnya. Pada akhirnya tujuan sekolah pasar ini adalah untuk mensejahterakan para pedagang pasar itu sendiri,” imbuhnya

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kota Palembang Hardayani mengatakan, Sekolah Pasar Soak Bato merupakan pilot project bagi pasar lainnya di Palembang. Pihaknya telah merencanakan untuk mengembangkan kegiatan edukasi serupa pada sejumlah pasar lainnya di Palembang.

EDITOR : AWAN

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: