BI Ingatkan Perbankan Soal Bunga Kredit

12502 Views

KORDANEWS – Bank Indonesia (BI) mengingatkan perbankan agar tidak mengejar target laba dengan menahan suku bunga kredit di level yang tinggi. Seharusnya suku bunga kredit sudah bisa diturunkan lebih dari yang sekarang.

Dari data uang beredar BI suku bunga kredit secara rata-rata tercatat masih double digit yakni 11,6%. Sementara itu suku bunga acuan sudah dipangkas jauh lebih besar.

“Bunga kredit sudah turun 128 bps dan perbankan itu di satu sisi dia itu masih berhati-hati untuk menyalurkan kredit. Kalau dia berhati-hati, dia meminta bunganya berhati-hati,” ungkap Deputi Gubernur BI Mirza Adityaswara, Jumat (17/10).

“Kedua, perbankan punya target laba. Kalau menurut saya target laba itu bisa dicapai tidak dengan menahan suku bunga kredit,” jelasnya.

Menurut Mirza, cara paling tepat untuk meningkatkan laba adalah dengan menurunkan biaya operasional. Selama ini hal tersebut yang menjadi masalah perbankan.

“Ini yang mungkin teman-teman perbankan diberikan target oleh shareholders-nya, termasuk Menteri BUMN, harusnya memberikan target laba itu harus dicapai dengan bisa menurunkan biaya. Karena biaya dana sudah turun, tinggal biaya operasi.” katanya.

Editor : mahardika

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: