Awas! Banyak Hewan Ternak Berkeliaran di Jalan Lintas Kabupaten Banyuasin

10866 Views

KORDANEWS – Sebagian besar pengguna jalan yang melintas di jalan raya lintas Kabupaten Banyuasin mengeluhkan banyaknya hewan ternak milik warga sekitar yang dibiarkan lalu lalang di sekitar jalan raya.

Atas masalah ini, pengguna jalan meminta pemerintah setempat mengambil langkah untuk mengatasi masalah tersebut. Sebab, hewan yang melintas di jalan raya tak jarang menyebabkan kemacetan dan kecelakaan.

“Inikan jalan raya, kalau bisa tindak tegas bagi pemiliknya. Sebab jika dibiarkan bisa menimbulkan korban kecelakaan, hal itu sudah beberapa kali terjadi,” kata Adam Malik, warga Kecamatan Suak Tape saat melintas di Jalan Palembang- Betung tepatnya di wilayah Suak Bara, Kelurahan Pangkalan Balai, Senin (20/11).

Dirinya berharap kepada pemerintah setempat untuk peka terhadap masalah ini, kerena menurutnya untuk apa Perda di buat kalau pelaksanaannya tidak ada.

“Demi kenyamanan bersama, setidaknya pemerintah dapat segera menindak masalah ini, agar tidak ada lagi sapi atau kambing dan jenis hewan ternak lainnya yang berkeliaran,” katanya.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Banyuasin melalui Camat Banyuasin III Ir Alpian MM saat di konfirmasi menjelaskan, selaku pemerintah setempat selalu menghimbau warganya yang memelihara hewan ternak khususnya ternak kaki empat untuk digembalakan.

“Kami juga berharap kepada Pol PP selaku penegak Perda untuk rutin melakukan razia ternak liar,” ujarnya.

Dirinya juga menjelaskan, sesuai dengan Perda, bagi hewan ternak yang terjaring akan dikenakan denda bahkan kalau menyebabkan kecelakaan pemilik diminta bertangungjawab.

“Jadi setiap ternak harus digembalakan bukan diliarkan,”tegasnya.(dafid)

Editor : mahardika

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: