Ekonomi Tumbuh 5 Persen? Tak Cukup!

12423 Views

KORDANEWS – Pertumbuhan ekonomi Indonesia di kisaran 5% masih terbilang bagus. Hanya saja, ekonomi tidak bisa hanya tumbuh di kisaran tersebut. Mantan Menteri Keuangan, Chatib Basri, menjelaskan pertumbuhan ekonomi yang stagnan dikhawatirkan akan menimbulkan beban di kemudian hari, ia menyebutnya dengan istilah tua sebelum kaya.

Istilah tersebut mencerminkan beban negara yang bertambah karena populasi penduduk dengan usia yang tak lagi produktif lebih banyak dibanding penduduk usia produktif. Kasus ini diperkirakan terjadi di 2050 yang menimbulkan beban fiskal yang lebih besar bagi negara. Pasalnya, negara harus menganggarkan dana jaminan kesehatan bagi penduduk usia tua dengan pendapatan yang harus dikejar lebih banyak lagi.

“Kalau tua sebelum kaya beban negara dengan aging population yang sudah berhenti kerja enggak bayar pajak dan masih hidup butuh kesehatan dari BPJS harus ada beban fiskal yang besar,” katanya, Selasa (21/11).

Kasus ini yang saat ini dialami oleh Jepang, Korea Selatan, dan juga Australia. Namun, negara tersebut sudah cukup siap menghadapinya dengan pendapatan per kapitanya US$ 40.000 per tahun

“Bedanya ketika masuk aging population income per kapitanya US$ 40.000. Indonesia di 2050 kalau 5% pertumbuhannya baru US$ 20.000. Ini supaya growthnya dipercepat,” kata Chatib.

Editor : mahardika

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: