360 Desa di Lahat Ikuti Program Inovasi Desa

13481 Views

KORDANEWS – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Pembangunan desa melalui Dana Desa (DD) meluncurkan Program Inovasi Desa (PID), termasuk di Lahat yang berasal dari dana desa, Rabu (22/11/2017) di Gedung Kesenian Lahat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Pemdes) Lahat, Fauzan Choiri Denin mengungkapkan, bursa inovasi desa di Kabupaten Lahat fokus dalam bidang infrastruktur.

Melalui program ini, sebanyak 1.400 peserta terdiri dari 360 desa, mulai dari para kades, ketua BPD, tokoh masyarakat dan para tenaga pendamping lainnya.

“Program ini guna memberikan layanan teknis yang berkualitas dalam pembangunan desa yang kreatif dan inovasi melalui dana desa,” ungkapnya

Bupati Lahat, H Saifudin Aswari dalam sambutannya memberikan apresiasi terhadap program inovasi desa. Atas nama Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lahat, bupati menyambut baik kegiatan ini. Aswari pun mengingatkan untuk menggunakan dana desa sesuai aturan.

“Inovasi desa memang sangat diperlukan di Kabupaten Lahat. Beberapa tahun lalu, desa di Lahat mendapatkan bantuan DD sebesar hampir Rp 1 Miliar dalam pembangunan utama desa,” urainya.

Selanjutnya, pemenuhan dan peningkatan infrastruktur perdesaan berhubungan langsung dengan peningkatan perekonomian desa. Seperti jalan penghubung, jembatan dan berbagai infrastruktur yang bakal mendongkrak mobilitas ekonomi warga desa setempat.

Kepada para peserta, bupati juga menegaskan, dana desa merupakan uang negara yang harus dipertanggungjawabkan dengan cara menggunakan uang atau dikelola sesuai aturan yang ada di pemerintahan Kabupaten Lahat.

Sementara, pembangunan desa bisa mendorong desa menjadi kreatif dan inovatif, sehingga bisa mendorong ekonomi lokal melalui penguasaan teknologi dan berbagai pendekatan modern untuk mempercepat pembangunan desa, serta mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Saya berharap, kepada kepala desa (kades), sebagian dana desa digunakan untuk kebersihan dengan mengajak masyarakat desa dan karang taruna desa, serta digunakan untuk pembangunan desa. Ayo mulailah dari sekarang membersihkan desanya,” harapnya.(Hs)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: