Melatih Anak SD Memasak Dapat Meningkatkan Berbagai Kemampuan

12233 Views

KORDANEWS—–Pada umumnya, memasak merupakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh seorang ibu setiap harinya. Namun bagi ibu yang bekerja terutama pekerja kantoran biasanya meluangkan waktunya untuk kegiatan memasak hanya di akhir pekan saja. Kegiatan ibu yang super padat baik di rumah maupun di kantor terkadang membuat ibu tidak sempat meluangkan waktunya untuk megajarkan berbagai pengetahuan pada anak.

Padahal, anakterutama yang duduk di bangku Sekolah Dasar (SD)sangat perlu mendapatkan arahan , bimbingan dan pengajaran dari seorang ibu di rumah. Tetapi , semua itu dapat diatasi dengan melatih anak tersebut memasak. Banyak ibu tidak mengikutsertakan bahkan tidak mengizinkan anaknya untuk memasak. Padahal dengan melatih anak memasak dapat meningkatkan berbagai kemampuan pada diri anak tersebut. Untuk itu, yuk simak dibawah ini apa saja sih manfaat melatih anak SD memasak.

Yaitu, pertama Meningkatkan Kemampuan Dalam Mengenal Bentuk dan Warna, karena ketika memasak, ada banyak barang yang digunakan dalam memasak seperti mangkok, talenan, pisau, dan sendok. Ibu yang mengikutsertakan anaknya dalam memasak dapat bercerita pada anak bahwa talenan itu bentuknya persegi dan mangkuk bentuknya bulat. Selain itu, anak dapat mengenal berbagai warna saat memasak. Misalnya, saat ibu memasak sup biasanya bahan sup ada wortel, brokoli, buncis, kubis, seledri dan sebagainya. Atau dari peralatan, misalnya mangkuk, piring dan sebagainya. Kita bisa memberitahukan warna-warna tersebut pada saat melatih anak memasak. Sehingga anak tahu bentuk dan warna dengan cara yang menyenangkan.

Kedua Meningkatkan Wawasan Anak.Sebelum memasak, kita pasti menyiapkan bahan yang akan kita masak terlebih dahulu. Ibu dapat mengikutsertakan anak dalam proses ini. Sambil menyiapkan bahan yang akan dimasak, ibu bisa mengajarkan mengenai kandungan gizi pada makanan dan nama bahan yang akan dimasak. Misalnya nasi mengandung karbohidrat yang berguna sebagai cadangan energi bagi tubuh. Dengan begitu, anak dapat meningkat wawasannya mengenai kandungan gizi dan nama-nama bahan yang akan dimasak. Kandungan gizi dan nama-nama bahan yang akan dimasak merupakan contoh ilmu pengetahuan alam. Bagi ibu yang tidak sempat mengajarkan anaknya belajar bisa menggunakan cara ini sebagai peluang untuk mengajarkan anaknya.

Dan yang terakhir, Mengembangkan sensitivitas rasa. Dalam memasak, kegiatan cicip makanan pasti selalu dilakukan oleh ibu saat ingin mengetahui apakah sudah pas atau belum. Dengan mengikutsertakan anak dalam memasak, anak dapat belajar berpendapat, dengan mencium aroma bahan makanan yang masih segar, atau apakah masakannya sudah enak atau belum. Namun sensitivitas rasa tidak hanya berlaku saat anak mencicipi masakannya. Sensitivitasnya terhadap tekstur bahan makanan, juga akan berpengaruh saat ia mengerjakan tugas prakaryanya. Anak akan belajar lebih detail dan teliti.

Apakah masih ragu untuk melatih dan mengikutsertakan anak dalam memasak? bagi ibu yang masih ragu untuk melatih dan mengikutsertakan anak dalam kegiatan memasak karena khawatir akan resiko yang terjadi, jangan khawatir dan jangan takut. Berikut tips dari kami saat melatih anak dalam kegiatan memasak. Yang pertama menjauhkan barang tajam dari jangkauan anak. KemudianDalam melatih anak memasak, hindari anak tersebut dari jangkauan api. Yang terakhir , lkukan perhatian dengan baik saat anak mulai berrlatih memasak, awasi dan jangan sampai lengah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan

Ternyata, melakukan hal kecil seperti melatih anak memasak dapat meningkatkan berbagai kemampuan anak dalam mengenal bentuk dan warna, meningkatkan wawasan anak, serta mengembangkan sensitivitas anak. Sambil memasak, anak pun banyak mendapatkan pengetahuan dengan cara yang menyenangkan. Tetapi jangan lupa untuk terus berhati-hati dan lakukan pengawasan yang baik agar kegiatan melatih anak memasak dapat berjalan dengan lancar. Demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga tulisan ini dapat membawa manfaat bagi kita semua.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: