Rustam-Riezky Harus Melawan Hadangan 8 Parpol di Pilkada Linggau

11321 Views

KORDANEWS – Delapan partai politik parlemen ramai-ramai membentuk koalisi Nansuko (SN Prana Putra Sohe dan H Sulaiman Kohar) jilid II yakni Golkar, Demokrat, PKB, PKS, PBB, Hanura, Nasdem, dan Gerindra, sementara dua parpol lainnya PDI-P dan PPP berkoalisi mengusun Rustam-Riezky.

Pengamat politik dari Pusat Kajian Politik dan Hukum Silampari, Abdul Aziz menilai terdapat dua partai yakni Golkar dan PKS yang membuat Rustam-Riezky terjepit dan harus kerja esktra keras untuk melawan Nansuko.

Golkar sebagai partai pemenang pemilu di Kota Lubuklinggau dengan 6 kursi di DPRD secara resmi telah menyatakan mendukung Nansuko. Dukungan ini memastikan bahwa dinamika politik lokal tidak bisa disamakan pada tingkat provinsi.

Menurut dia, sebelumnya banyak pihak memprediksi bahwa golkar akan berada satu barisan dengan PDIP yang mendukung pasang RR, mengingat kemungkinan besar dalam pilgub mereka koalisi.

“Dukung politik partai Golkar ke Nansuko semakin membuat posisi rival politik Nansuko yakni Rustam Effendi semakin berat menghadapi kontelasi politik. Sebagai parpol pemenang pemilu arah politik Golkar sangat menentukan, bahkan Golkar satu-satu Parpol bisa usung sendiri tampa koalisi,” katanya.

Ditambah lagi posisi politik PKS lima tahun yang lalu sebagai penyokong utama Rustam Effendi kini memilih menjadi lawan politik, tentu ada efek psikologis tersendiri.

“Dalam politik tidak ada yang tidak mungkin, pasang RR perlu kerja keras, dan harus melakukan terobosan politik salah satu nya adalah menjelaskan konsep perubahan dan konsilidasi besar-besaran bersama rakyat. Konsep perubahan itu harus jelas dan detail, mengingat perkembangan kota lubuklinggau lima tahun terakhir sangat berkembang dan respentatif untuk sebuah kota,” katanya.

Jika Rustam-Riezky ingin menang dari petahana maka mesin-mesin politik yakni PDIP dan PPP versi Romi harus bergerak lebih cepat dan kencang untuk mengimbangi kaolisi besar pendukung Nansuko jilid 2.

Editor : mahardika

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: