Memanfaatkan Waktu Istirahat dengan Hal Kreatif

14407 Views

KORDANEWS – Waktu menjadi salah satu hal yang berharga. Hal ini juga bisa dimanfaatkan untuk berkumpul dengan keluarga atau juga beristirahat. Nah berikut cara tepat beristirahat yang kreatif dilansir dari http://rework.id/2016/09/30/cara-istirahat-yang-tepat-agar-lebih-kreatif/

Belajar
Istirahat tidak selalu berbaring seharian menonton televisi atau berjemur di pinggir pantai. Anda bisa memanfaatkan waktu istirahat untuk membaca buku atau artikel-artikel online yang topik bahasannya tidak jauh dari bidang bisnis Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengaplikasikan apa yang Anda pelajari pada bisnis Anda.

Bagi yang kurang suka membaca buku, Anda masih bisa belajar dengan traveling ke tempat baru. Tidak perlu jauh-jauh, eksplor saja tempat-tempat yang belum pernah Anda kunjungi di kota tempat tinggal Anda. Aktivitas tersebut akan menambah wawasan dan memancing ide-ide baru yang mungkin bisa Anda terapkan pada bisnis Anda. Siapa tahu ada peluang bisnis besar yang bisa dikembangkan, bukan?

Delegasi pada Bawahan Terpercaya
Jika Anda mengambil jatah cuti untuk beristirahat, lalu siapa yang akan mengarahkan bisnis Anda? Mungkin hal inilah alasan utama mengapa Anda ragu untuk berlibur. Bagi seorang entrepreneur, memisahkan diri dari bisnis walaupun hanya sejenak bisa menimbulkan perasaan “berdosa”. Anda merasa ragu, apakah bisnis saya dapat berjalan baik tanpa campur tangan saya sendiri?

Tidak ada cara yang bisa Anda lakukan selain merelakan kepemimpinan kepada orang kepercayaan Anda untuk sementara waktu. Ia menjadi orang kepercayaan Anda tentu bukan tanpa alasan, jadi yakinlah bahwa ia mampu melakukan tanggung jawab yang Anda berikan. Setelah itu, fokuslah untuk mengistirahatkan diri tanpa dipusingkan dengan kepentingan bisnis yang justru bisa merusak istirahat Anda.

Berinovasi
Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk beristirahat adalah traveling. Aktivitas ini membuka lebar pintu inovasi. Terlebih jika Anda traveling ke luar negeri, Anda bisa saja menemukan hal berbeda untuk diterapkan di negeri sendiri. Meski begitu, Anda tidak diwajibkan untuk traveling ke luar negeri demi berinovasi. Anda masih bisa melakukan hal tersebut dengan traveling ke luar kota di dalam negeri, mengikuti kursus yang tidak ada hubungannya dengan bisnis, atau sesimpel mengubah rutinitas sehari-hari untuk memancing otak dalam menciptakan ide inovatif.

Kunci dari inovasi adalah melakukan sesuatu yang berbeda. Jadi, selama Anda membuka diri terhadap pengalaman-pengalaman baru, kemungkinan besar Anda akan menemukan sesuatu yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya. Di situlah sering kali inovasi akan muncul dan berkembang.

Meditasi
Istirahat tidak hanya untuk memulihkan fisik, namun juga psikis. Salah satu cara yang tepat untuk melakukannya adalah dengan meditasi. Aktivitas ini juga memberi kesempatan bagi Anda untuk berefleksi terhadap diri sendiri. Ungkapkan keluh kesah Anda. Tanyakan kepada diri sendiri tentang hal apa saja yang mampu memberi kesenangan, apa keahlian Anda, dan bagaimana hal-hal tersebut akan berperan dalam perkembangan bisnis Anda.

Meditasi akan membantu membuat jiwa Anda kembali pada kondisi paling prima. Anda akan merasa lega setelah bermeditasi. Bukan tidak mungkin Anda akan menemukan solusi di balik beberapa masalah yang sedang menimpa Anda. Pada akhirnya, ketenangan jiwa akan membawa pengaruh positif ketika Anda kembali bekerja dari waktu istirahat.

editor : awan

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: