Dodo-Sutrisno Serahkan Berkas Calon Independen ke Lahat

13060 Views

KORDANEWS- Satu lagi pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Lahat dari jalur perseorangan atau independen menyerahkan dokumen berkas dukungan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), yakni pasangan Dodo Arman dan Mayor (Purn). H. Sutrisno, Rabu (29/11).


Berbeda halnya dengan pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati lainnya, dimana umumnya mengkolaborasikan dua figur dari dua Dapil berbeda. Pasangan Dodo-Sutrisno justru merupakan kolaborasi dua figur dari suku yang sama, yakni sama-sama suku Jawa.
“Ya, saya keturunan Jawa-Padang. Sedangkan Pak Tris juga berasal dari suku Jawa,” terang Dodo Arman, diwawancarai sebelum menyerahkan dokumen berkas dukungan di Poskonya.

Lantas apa pertimbangannya? Bagi aktivis Nasional Corruption Wacth (NCW) ini, apapun sukunya sesungguhnya tidaklah menjadi barometer bagi pemilih cerdas dalam menentukan suaranya di Pilkada Lahat mendatang. Yang terpenting adalah tekadnya mengabdikan bagi semua golongan masyarakat.

Namun lebih lanjut dikatakannya, kalaupun kesukuan ini menjadi pertimbangan perolehan suara, sesungguhnya pemilih dari suku Jawa cukup banyak. Dimana menurutnya, ada sekitar 30 persen pemilih di Kabupaten Lahat ini berasal dari suku Jawa.

“Dan Pak Tris ini, yang merupakan salah satu toko Jawa, punya lumbung suara terutama dari pemilih suku Jawa,” terangnya.

Di sisi lain, ditambahkan Ketua Gerakan Nasional Peduli Anti Narkoba Tawuran dan Anarkis (Gepenta) Kabupaten Lahat ini, dirinya pun selama ini aktif mencari dukungan di hampir 360 Desa se-Kabupaten Lahat, yang dengan kata lain dukungan tidaklah semata-mata dari pemilih suku Jawa saja.

“Nah, ini sekaligus untuk menjawab pertanyaan yang selama ini sering muncul, benarkah Dodo itu serius mencalonkan diri? Karena memang tidak terpantau mungkin selama ini. Padahal, saya selama ini sudah bergerak blusukan ke hampir 360 Desa dan memang fokus kita kemarin mengumpulkan KTP terlebih dahulu,” imbuhnya.

Alasan lain jatuhnya pilihan Dodo kepada Mayor (Purn). H. Sutrisno, karena sosoknya yang tegas dan bersih. Terlebih lagi, Sutrisno sudah berpengalaman, salah satunya pernah menjadi anggota DPRD Kabupaten Lahat dari Fraksi ABRI.

“Beliau (Sutrisno, red) adalah senior di birokrat, sudah pernah jadi Ketua DPRD Lahat. Jadi kita sangat butuh bimbingannya. Beliau dari militer yang tentunya tegas, berani memberantas korupsi, miras, dan perjudian. Ini sejalan dengan slogan kita, Lahat Bersih,” paparnya.

Pasangan ini mengklaim telah mengumpulkan KTP para pemilih pendukungnya sebanyak 31.679 lembar yang tersebar di 17 Kecamatan.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Lahat Samsurizal Nusir seraya mengulas kembali ketentuan, dalam penyerahan dokumen dukungan ini, Paslon harus memenuhi sejumlah syarat. Salah satunya harus berjumlah minimal 24.909 pemilih.

“Dan tersebar di minimal 12 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Lahat,” jelasnya.(Hs)

Editor : awan

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: