Home Sumsel Maksimalkan Potensi Wisata, Lahat Disarankan Bentuk BPPD

Maksimalkan Potensi Wisata, Lahat Disarankan Bentuk BPPD

KORDANEWS – Untuk memaksimalkan promosi pariwisata yang ada di Kabupaten Lahat dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan, penggiat wisata Mario Andramartik, menyarankan agar dibentuk Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD). Terlebih, pembentukan badan ini diamanatkan dalam Undang-undang (UU) Republik Indonesia (RI) Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan.

“Pemerintah Daerah dapat memfasilitasi pembentukan lembaga swasta yang bersifat mandiri ini, sebagaimana termaktub dalam pasal 43 UU RI Nomor 10 Tahun 2009,” terang Mario, Jumat (1/11).

Adapun tugas daripada BPPD, sebagaimana dipaparkan Mario, yakni meningkatkan citra kepariwisataan, meningkatkan kunjungan wisatawan, menggalang pendanaan dari sumber selain APBN dan APBD, serta melakukan riset dalam rangka pengembangan usaha dan bisnis pariwisata.

“Disamping tugas tersebut, BPPD berfungsi sebagai koordinator pariwisata yang dilakukan dunia usaha serta mitra kerja Pemerintah,” imbuhnya.

Nah, sebagai daerah yang kaya raya akan destinasi wisata, keberadaan BPPD di Kabupaten Lahat menurut Mario sangatlah dibutuhkan. Disamping promosi oleh Pemerintah Daerah melalui Dinas terkait, dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, juga perlu disokong pula secara intensif oleh lembaga berkompeten lainnya, seperti BPPD.

“Dengan peninggalan ribuan benda Megalit yang bahkan meraih rekor MURI, demikian pula keberadaan ratusan destinasi air terjun yang juga terbanyak di Indonesia, serta aneka destinasi dan objek wisata menarik lainnya, memerlukan promosi yang maksimal. Sehingga diharapkan menarik minat banyak investor untuk pengembangannya,” tutur pria yang juga ketua Panoramic of Lahat ini. (Hs)

editor : awan

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here