Peluang Baru, Bisnis Penitipan Anjing Yang Kian Menggiurkan

12025 Views
Seorang pemilik bermain dengan anjingnya di tempat penitipan hewan Derby Winners, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (23/7). Memasuki Idul Fitri, pendapatan tempat penitipan hewan melonjak dua kali lipat, dengan tarif penitipan Rp 70.000- Rp.200.000 per malam. ANTARA FOTO/Pradita Utama/ama/14

KORDANEWS- Belum lama ini, dunia maya dihebohkan dengan viralnya unggahan soal seekor anjing bernama Valent yang ditinggal pemiliknya selama 8 jam di dalam sebuah mobil. Tempat penitipan hewan, petcare atau daycare khusus anjing sebenarnya bisa menjadi solusi bagi mereka yang suka bepergian namun tak memungkinkan membawa hewan peliharaan ke sembarang tempat.

Apa lagi, saat ini sudah banyak yang menawarkan jasa penitipan anjing di kota-kota besar. Lantas, seperti apa sih peluang bisnis di bidang ini?

Selain penitipan harian, bisnis ini biasanya bisa mendulang rupiah lebih besar jelang hari-hari besar yang diikuti libur panjang.

Contohnya seperti menyambut liburan natal dan tahun baru, tempat penitipan hewan peliharaan khususnya anjing, laris manis. Bahkan pemilik sudah melakukan booking atau pemesanan sejak Oktober hingga November.

Pemilik tempat penitipan anjing Derby Winner’s House yang berada di bilangan Kelapa Gading, Clara mengatakan pelanggannya telah melakukan pemesanan sejak Oktober.

“Musim liburan natal ini pelanggan sudah booking sejak Oktober, karena biasanya mereka menitipkan dalam waktu yang agak lama,” kata Clara.

Dia menjelaskan, hingga Desember jasa penitipan sudah penuh seluruhnya. Dari tahun ke tahun, setiap libur akhir tahun, tempat penitipan ini selalu penuh. Setiap bulannya pun orang masih banyak yang menitipkan anjingnya.

Clara mengatakan, untuk liburan kali ini dia sudah mencatat pesanan tempat untuk 50 ekor anjing. “Kalau di sini menitipkan anjing minimal 2 malam, hal ini agar ada penyesuaian dari anjing-anjing itu dengan tempat baru. Dari bulan November saja sudah penuh dan ada 10 ekor yang dititipkan satu bulan,” jelas dia.

Head of busines development Vodka & Latte, salah satu salon dan penitipan anjing di bilangan Kemang, Jakarta Selatan, Robby menjelaskan, biasanya orang mulai menitipkan anjing sejak 2 bulan sebelum mereka berlibur.

“Kalau di sini, awal November sudah banyak yang booking dan akhir November sudah full booked,” ujar dia.

Untuk penitipan, anjing biasanya harus sudah divaksin seperti rabies, lalu akan dilakukan body check dan dipastikan tidak ada kutu anjing, jamur. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir penularan kepada anjing yang lain.

Vodka & Latte menyediakan kamar untuk penitipan sebanyak 64 kamar untuk ukuran medium, 35 kamar untuk ukuran large dan 2 kamar untuk VIP. Bagi anjing yang dititipkan akan mendapatkan fasilitas bermain sebanyak 3 kali sehari pagi, siang dan sore, lalu minum dan selimut.

“Kalau makanan biasanya kan bawa sendiri karena setiap anjing memiliki tingkat sensitifitas yang berbeda terhadap makanan. Lalu kalau dititipkan ada staf yang st&by hingga dokter hewan yang inhouse memantau kesehatan mereka,” imbuh dia.

Editor : ardi

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: