Home Politik Menurut Calon Bupati Ini, Ada 4 Pola Kecurangan dalam Pilkada

Menurut Calon Bupati Ini, Ada 4 Pola Kecurangan dalam Pilkada

KORDANEWS – Dalam setiap pemilukada kecurangan kerap terjadi yang sangat mengkawatirkan bagi calon kepala daerah, kecuarangn terjadi tidak lain untuk meraup suara meski dengan cara yang tidak jujur, ada empat pola bagi calon Bupati Lahat Nopran Marjani yabng kerap terjad kecurangan.

Nopran Marjani, mengatakan pihaknya tidak ingin pelaksanaan pilkada DI lahat mendatang diwarnai praktik kecurangan. Baik yang dilakukan oleh para kandidat maupun timi sukses, oleh karena itu dirinya sudah mengantisipasi kecurangan yang bakal terjadi.

Pola pola kecurangan, menurut Nopran biasa terjadi pada tahapan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) ke Daftar Pemilih Tetap (DPT). Pada tahapan ini, bisa saja DPS tidak masuk kedalam DPT sehingga bisa terjadi pengurangan ataupun penambahan DPT.

Kemudian, kedua bisa juga terjadi pada undangan pencoblosan. Dimana pemilih yang sudah masuk dalam DPT tidak mendapat undangan. Sehingga tidak bisa menyalurkan hak suara sebagai warga negara.

“Undangan tidak diantarkan oleh petugas, sehingga undangan untuk memilih digunakan oknum-oknum tertentu,”katanya.

Selanjutnya, kecurangan ketiga biasanya terjadi pada hari H pemungutan suara. Dimana pemilih akan ada perubahan tempat pemungutan suara (TPS) atau bukan di TPS wilayahnya.

“Ke empat, panitia bisa memainkan suara yang tidak memilih. Misal ada 30 persen yang tidak memilih. Nah ini akan dimainkan oleh oknum penyelenggara pemilu,”katanya.

Guna mengantipasi kecurangan itu, Nopran yang juga bakal maju di pilkada Lahat akan mengawal ketat jalannya pilkada serentak. Pihaknya akan menerjunkan saksi dan pemantau langsung dimasing-masing TPS. Selain saksi resmi yang berjumlah dua orang, pihaknya juga akan menerjunkan relawan pemantau di setiap TPS.

“Saya pikir yang melakukan kecurangan itu tidak punya komitmen siap menang siap kalah, oleh karena itu kita berharap pilkada nanti akan berjalan dengan jujur dan adil, biarlah masyarakat siapa yang akan dipilih,”katanya.

Editor : mahardika

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here