Tak Bayar Pajak, Polisi Tetap Bisa Tilang

12025 Views

KORDANEWS—–Saat ini bagi pemilik kendaraan roda dua atau roda empat yang pajak kendaraannya belum dibayar, lebih baik dilakukan pembayaran. Lantaran pihak kepolisian sudah berhak melakukan penilangan terhadap kendaraan yang tidak membayar pajak.

“Jika kita tidak membayar pajak bagaimana polisi mau registrasi STNK. Nah ini jadi pelanggaran dari segi kepolisian yang dapat dilakukan tilang,” kata Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sumsel, Neng Muhaiba melalui Kabid Pajak, Salahuddin, saat ditemui di ruangannya (3/1).

Apalagi, ia mengungkapkan, bahwa berdasarkan peraturan Kapolri, STNK kendaraan setiap tahunnya harus dilakukan pengesahan.

“Jika STNK tidak disahkan dan pajak kendaraan tidak dibayar polisi dapat melakukan penindakan berupa penilangan,”ungkapnya.

Tercatat kendaraan yang aktif dalam membayar pajak, baik kendaraan baru atau pun kendaraan lama roda empat maupun roda dua. sebanyak 1.066.403 kendaran. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun 2016 meskipun tidak terlalu signifikan hanya sekitar 2 persen sampai 5 persen

“Artinya, dengan meningkatnya jumlah kendaraan yang aktif ini maka terlihat pertumbuhan kendaraan di Sumsel ditambah lagi dengan sajian kreditan kendaraan yang semakin mudah dan murah, serta adanya aplikasi seperti Grab dan Gocar sehingga masyarakat pun membeli kendaran baru, “jelasnya.

Untuk itu, Ia mengaku untuk total keseluruhan kendaraan di Sumsel, ia memprediksi berkisar 3 juta dari tahun 2006 sampai tahun 2017. Tapi, tidak seluruh kendaraan ini beroperasi, ada juga yang tidak beroperasi lagi di karenakan rusak dan lain sebagainya.

“Data ini didapatkan sejak adanya sistem informasi komputer di Bapenda,” ujarnya. (Ab)

editor : awan

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: