Home Sport Atraksi Beladiri Tapak Suci Pukau Keluarga Besar Kemenag

Atraksi Beladiri Tapak Suci Pukau Keluarga Besar Kemenag

KORDANEWS – Siswa ekstrakulikuler Pencak Silat, Beladiri Tapak Suci Putera Muhammadiyah cabang MTs Negeri Muara Enim menyungguhkan atraksi beladiri tapak suci yang sangat memukau dan interaktif pada acara HUT Kemenag ke 72 yang digelar di Lapangan Merdeka yang dihadiri 1.000 keluarga besar Kemenag dan tamu undangan, Rabu (03/01/2018).

Atraksi ini menampilkan jurus seni beladiri gabungan beberapa jurus yang dikombinasi dari gerakan jurus Tapak Suci dan pernapasan yang diciptakan Misliyani P Mdy dan Dahlan yang diperagakan oleh oleh Irfan, Ilyas, Dapfa CS melibatkan 30 orang siswa MTs Negeri Muara Enim.

Jurus tunggal IPSI yang diperagakan oleh Muhammad Deni Putra Pratama. Tidak ketinggalan jurus ganda tangan kosong dan bersenjata yang diperagakan oleh Mulki Sulton siswa TS SMAN I Unggulan dan Aldi Mas Saputra siswa TS SMK N I Muara Enim, dan pertarungan bebas (Fighter) ditampilkan Berli dan Irfan siswa MTs Negeri Muara Enim.

Kakan Kemenag Kabupaten Muara Enim H Muhammad Abdu S Pd I memberikan apresiasi yang sangat positif dan mengucapkan terima kasih atas peran serta Perguruan Seni Beladiri Tapak Suci khususnya cabang MTs Negeri Muara Enim yang sudah menampilkan siswanya dengan sangat menarik dan memukau penonton sehingga menjadi hiburan yang seru dan menarik dalam memeriahkan acara HAB Kemenag ke 72 ini.

“Semoga dengan adanya Beladiri Tapak Suci ini akan dapat menyalurkan minat, bakat siswa dibidang olah raga Beladiri sehingga siswa tidak Cuma menyalurkan hobby dalam bertarung/figter dan seni beladiri, Namun bisa juga menyumbangkan prestasi dibidang Pencak Silat Tapak Suci itu sendiri maupun dalam naungan Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Kabupaten Muara Enim,” ungkap Abdu.

Ditempat yang sama Kepala MTs Negeri Muara Enim Siti Sumaiti S Pd M Pd I mengucapkan syukur karena siswa MTs Negeri Muara Enim dapat menampilkan gerakan atraksinya dengan kompak, sangat baik.

“Terima kasih kepada Pembina, pelatih Tapak Suci Misliyani S Ag M Pd I Darmanto, Ari dan calon kader yang sudah membantu mensukseskan acara ini sehingga berjalan dengan lancar,” jelas Etik nama penggilan akrab Kepala Madrasah ini.

Sementara, Ketua PIMDA 118 Perguruan Seni Beladiri Tapak Suci Misliyani S Ag M Pd I P Mdy sekaligus pembina Tapak Suci MTs Negeri Muara Enim mengucapkan terima kasih kepada Panitia HAB Kemenag Muara Enim dan kepala MTs Negeri Muara Enim yang sudah memberikan kepercayaan dan kesempatan kepada siswa untuk melaksanakan atraksi Pencak Silat Tapak Suci.Sekaligus sebagai bahan evaluasi bagi siswa, dan melatih mental sejauhmana ilmu yang sudah mereka dapat selama belajar beladiri ini mampu siswa implementasikan,” jelasnya.

Atraksi ini bertujuan untuk megenalkan Pencak Silat sebagai seni budaya asli leluhur Bangsa Indonesia yang memiliki,Nilai seni,rasa dan karsa yang indah melalui kekayaan gerakan yang bervariasi dan lengkap, mengasah keberanian mental yang tangguh dengan gerakan silatnya, dilengkapi dengan jurus beladiri yang handal.

“Selain itu diharapkan akan muncul bibit-bibit atlit yang berbakat dan berprestasi sehingga bisa membawa nama harus Madrasah dan Kabupaten ditingkat Kabupaten maupun provinsi,” pungkasnya. (Ari)

Editor : mahardika

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here