Lahat Bidik Produksi Ikan 2 Ton di Tingkat Kelompok Masyarakat

12017 Views

KORDANEWS – Pemkab Lahat melakukan survey lokasi Desa Tanjung Payang, kabupaten Lahat untuk lahan peternakan ikan. Tujuannya, untukmewujudkan program swasembada ikan. Tahun 2018 ditargetkan angka produksi ikan mencapai 2 Ton ditingkat kelompok masyarakat agar kebutuhan terhadap menu yang satu ini dapat mencukupi.

Koordinator tim penyuluh Perikanan kabupaten Lahat Eko mengatakan, diawal tahun 2018 ini mulai melakukan survey lokasi terkait tambak ikan milik warga sehingga jika bantuan dari pemerintah turun maka para peternak bisa langsung melakukan pemeliharaan melalui benih dan pangan yang telah disiapkan,

“banyaknya kelompok peternak ikan yang mengajukan usulan, sehingga setelah dilakukan survey dan pembinaan maka akan memudahkan mereka untuk melakukan pengembangan ternak ikan,”ujarnya.

Eko menambahkan, penyuluhan perikanan berfungsi sebagai perantara disamping memberikan bimbingan kepada para peternak ikan,khususnya dalam menangani kendala yang berdampak buruk pada ikan yang ada dikolam seperti penyakit dan lambatnya pertumbuhan.

“Kalau dilapangan ditemui kendala maka secepat mungkin penyuluh akan memberikan penanganan. Hal ini dikarenakan Lahat memiliki prospek yang bagus untuk jadi sentra perikanan di Sumsel,”imbuhnya.

Sementara itu, Kadis Peternakkan dan Perikanan kabupaten Lahat H Agustia Budiman menuturkan, Pemkab Lahat saat ini serius mewujudkan program Swasembada ikan, karenanya program pembinaan dan bantuan benih akan ditingkatkan ditahun 2018 ini. Hal ini diyakini akan mampu meningkatkan produksi panen peternak khususnya guna mewujudkan kebutuhan masyarakat.

“Jika pasokan ikan sedikit dan produksi turun masyarakat akan kesulitan karena harganya mahal, karena diupayakan agar para pedagang tidak lagi membeli ikan dari daerah luar untuk memenuhi kebutuhan warga,” tukas dia.

editor : awan

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: