Pilkada Palembang Terancam Tanpa Independen


KORDANEWS – Berdasarkan hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) terhadap dukungan calon independen, dua pasangan calon harus bekerja ekstra keras untuk memenuhi syarat dukungan.

Berdasarkan rekapitulasi pasangan Chairil Syah – Mualimin dukungan ini hanya mampu mengumpulkan dukungan sebanyak 11 553 dukunag, kekurangan dukungan mencapai 62 808, jika dikalikan dua maka pasangan ini harus mengumpulkan mencapai 125 616.

Sedangkan pasangan Akbar Alfaro-Hernoe setelah diverifikasi faktual hanya mengumpulkan dukungan 26 711, kekurangan mencapai 47 650 jika dilakukan dua maka pasangan ini harus mengumpulkan dukungan kembali 95 300.

“Masih ada masa perbaikan, kedua pasangan ada kesempatan untuk kembali mengumpulkan dukungan dari masyarakat, hasil yang kita umumkan hasil dari verifikasi faktual yang dilakukan,” kata Komisioner KPU Palembang, Firamon Sakti, Kamis (4/1)

Menurutnya, masa perbaikan dari tanggal 18 -20 Januari. Kemudian penetapan calon baik dari pasangan jalur partai politik dan independen akan diumumkan pada 20 Februari.

Pengamat Politik Universitas Taman Siswa Palembang, Joko Siswanto mengatakan pasangan ini harus bekerja keras untuk mengumpulkan dukungan, karena dalam aturannya kekurangan akan dikalikan dua kali lipat. “Kalau kekurangannya sebanyak ini maka Pilkada Palembang terancam tanpa akan ada dari pasangan independen,”katanya.

Sebelumnya, Akbar Alfaro mengatakan bahwa pihaknya terus mengikuti proses verifikasi faktual dukungan calon independen yang dilakukan oleh KPU Palembang, jika nantinya sesuai dengan verifikasi dukungan belum memenuhi syarat maka pihaknya akan kembali mengumpulkan dukungan.

“Kami optimis lulus karena dukungan yang kami serahkan melebihi yang ditetapkan oleh KPU, kita tunggu saja hasil dari verifikasi yang dilakukan oleh KPU,” katanya.

Editor : mahardika

No related post!

Tinggalkan pesan