Wow, Per Hari Volume Sampah di Palembang Capai 1.000 Ton


KORDANEWS – Kepadatan jumlah penduduk di kota Palembang yang terus meningkat. Dampaknya, ikut meningkatkan jumlah volume sampah di kota metropolis ini.

Kota Palembang sendiri memiliki 2 Tempat Pembuangan Akhir (TPA), yang masih difungsikan yakni dikawasan Sukawinatan dan di Karyajaya.

“Awalnya memang ada 2 TPA yang difungsikan namun, TPA yang di Karyajaya selyas 49 Ha untuk sekarang ini sedang di nonfungsikan terlebih dahulu karena ada beberapa kendala” Tutur Faisal AR, Kadis Lingkungan hidup kota Palembang.

Volume sampah di kota Palembang sendiri bisa mencapai 1000 ton perhari di hari Sabtu, Minggu dan hari libur. Sedangkan dihari kerja Senin hingga Jumat volume sampah berkisar 800 sampai 900 ton perhari.

Sementara ini sampah-sampah tersebut diolah di TPA Sukawinatan dengan luas 25 Ha, mengingat lokasinya yang strategis untuk pengumpulan sampah dari kawasan ulu dan Ilir kota palembang, dan sudah dilengkapi dengan alat pengolahan sampah yang rencananya juga akan segera di operasikan alat insenerator yang berfungsi mengubah sampah menjadi tenaga listrik.

Yang diharapkan dapat nantinya aliran listrik dari sampah ini dapat menekan penggunaan listrik PLN.

Satu orang penduduk di kota Palembang mampu menyumbang 0,8% sampah perhari. Pemkot Palembang berharap BUMN untuk membantu menggerakkan Bank sampah.

“Bank sampah mampu menekan volume sampah kota Palembang hingga 35%. Kita sudah melakukan berbagai pembinaan masyarakat seperti pelatihan, konsultasi, dan penyaluran keterampilan” tandas Faizal.

editor : awan

No related post!

Tinggalkan pesan