Industri Otomotif Masih Bisa Tumbuh

10241 Views

KORDANEWS – Laju pertumbuhan ekonomi tahun ini diyakini tidak jauh berbeda dengan tahun lalu berada dikisaran 5,3 persen. Meski demikian industri otomotif tetap bisa melihat peluang untuk mendongkrak market.

Area 3 General Manager Auto 2000, Hartono Hartawan mengatakan, proyeksi otomotif di 2018 dari sisi market tidak terlalu beda jauh dengan tahun lalu. Hanya saja ada beberapa hal yang akan menjadi pembeda.

“Tahun depan kami yakin industri otomotif masih bisa tumbuh 3-5 persen. Ada beberapa faktor yang bisa mendorong pertumbuhan industri otomotif, yakni faktor Pilkada serentak, Asiah Games dan pertambangan,” katanya.

Menurutnya, Pilkada akan mendorong peredaran uang di masyarakat semakin banyak, tentu ini akan menjadi peluang bagi pelaku usaha tak terkecuali industri otomotif. Saat ini saja, Toyota sendiri sudah menerima banyak orderan untuk pembelian kendaraan untuk kebutuhan Pilkada sepeti pesanan dari KPU dan lainnya. Tentu secara tidak langsung ini bagian dari dampak Pilkada.

Selain itu, pelaksanaan Asian Games di Jakarta dan Palembang tentu akan berdampak untuk penjualan otomotif di dua Provinsi tersebut. Makanya Jakarta dan Palembang menjadi perhatian khusus Toyota sebelum pelaksanaan asiah games Agusuts mendatang. Kemungkinan besar sebelum itu penjualan akan mengalami peningkatan. Saat ini saja Toyota sudah mendapatkan pesawan dari perusahaan rental untuk kebutuhan Asian Games.

Namun, momentum pasca Asian Games juga perlu di cermati, artinya untuk di momen ini sampai Agustus akan meningkatkan bisnis, namun harus mencermati setelahnya. “Infarstruktur dan komoditas masih berperan, karena untuk komoditas seperti batu bara baru naik. Perkiraan market otomoitf akan tumbuh di angka 3 sampai 5 persen,” jelasnya.

TAM Executive General Manager, Anton Jimmi Suwandi menambahkan, secara makro ekonomi tahun ini ada peluang penjualan otomotif untuk tumbuh, namun kisaran angkanya cukup terbatas. Sebab komditi yang sebelumnya menjadi penyumbang terbesar juga belum terlalu membanggakan.

“Saat ini tren pertumbuhan pasar terlihat paling mencolok ada pada kelas SUV, ini didorong lahirnya SUV dengan konsep 7 penumpang. Konsep ini biasanya melekat pada mobil MPV. Artinya, oritensi konsumen sekarang sudah membidik mobil yang muatannya banyak, produsen sudah membaca peluang itu,” katanya.

Editor : mahardika

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: