Pembebasan Lahan KEK TAA Segera Rampung

12230 Views

KORDANEWS – Pembebasan lahan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api-Api (TAA) saat ini terus dalam progress positif guna mengejar syarat minimal 217 hektar dari dewan nasional KEK pada Juni tahun ini. PT Sriwijaya Tanjung Carat (STC) selaku investor yang menggarap KEK TAA dan Tanjung Carat (TC) menargetkan pembebasan lahan akan selesai pada kuartal I tahun 2018 ini.

CEO PT Sriwjaya Tanjung Carat, ETS Putera mengatakan, saat ini progress pembebasan lahan sudah mencapai 152,76 hektar. Rincianya, 66,17 hektar yang telah dibebaskan oleh PT SMS (badan usaha milik Pemprov Sumsel) selaku pengelola KEK TAA dan TC, dan 86,6 hektar yang telah dibebaskan oleh PT STC. “Kami optimis masalahan lahan ini akan selesai dalam waktu dekat, bahkan pada Juni mendatang jumlah yang telah dibebaskan melebihi syarat minimal dari dewan KEK,” katanya.

Optimisme tersebut bukan tanpa alasan, sebab masyarakat sekitar atau yang terkena dampak pembebasan sangat mendukung terlaksananya KEK itu sendiri. Hal ini dengan telah dibuktikan melalui surat penyataan secara tertulis yang diwakili oleh sejumlah Kepala Parit, Ketua RT, dan tokoh masyarakat setempat.

“Kami juga sudah dan terus melakukan sosialisasi ke masyarakat baik di darat maupun perairan, Alhamdulillah mereka mendukung guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat disana,” katanya.

Selain itu, dengan dukungan yang positif dari masyarakat tersebut, hingga akhir tahun 2018 ini pihaknya juga menargerkan pembebasan lahan keseluruhan KEK TAA seluas 2.030 hektar akan terlaksana.

“Sekitar 40 persen lahan dikawasan tersebut lebih kepada persawahan, sementara saat ini 1.400 hektarnya sudah atas nama perusahaan, dan telah berkomitmen untuk mendukung KEK TAA,” katanya.

Editor : mahardika

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: