Manfaat Positif Tidur Siang

12019 Views

KORDANEWS – Tidur siang menjadi salah satu hal yang sering dilakukan sebagian orang. Ternyata, meski harus memakan waktu, tidur siang memiliki dampak positif. Berikut manfaatnya dilansir dari http://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/ini-manfaat-tidur-siang-bagi-kesehatan.html

1. Meningkatkan daya ingat

Tidur siang yang singkat, dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk mengingat. Menurut Elizabeth McDevitt, seorang peneliti di the Sleep and Cognition Lab at University of California, tidur siang dapat memperkuat hubungan saraf yang membentuk ingatan. Sehingga Anda akan lebih mudah mengingat bila menyempatkan diri untuk tidur siang.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Tidur siang bukan hanya baik bagi kesehatan otak, tetapi juga jantung. Tidur siang dapat menurunkan tekanan darah tinggi yang menjadi salah satu penyebab penyakit jantung. Sebuah penelitian yang dilakukan di Yunani, menunjukkan bahwa orang yang tidur siang secara teratur memiliki risiko yang lebih rendah hingga 37 persen untuk mengalami kematian akibat penyakit jantung. Selama ini juga diketahui bahwa kurang tidur dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

3. Mengurangi stres

Saat tidur siang, produksi hormon stres, kortisol, akan ditekan. Sehingga dapat mengurangi stres akibat pekerjaan. Lakukanlah tidur siang selama 15 hingga 20 menit saat Anda mengalami tekanan dalam pekerjaan.

4. Meningkatkan suasana hati

Selain menghilangkan stres, tidur siang juga dapat meningkatkan suasana hati. Saat seseorang kurang tidur di malam hari, maka ia akan merasakan kelelahan dan mudah tersinggung. Hal tersebut dapat diatasi dengan melakukan tidur siang guna mengganti kekurangan jam tidur di malam hari.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Tidur siang dapat meningkatkan daya tahan tubuh yang dapat melawan infeksi. Sebaliknya, kurang tidur dapat membuat daya tahan tubuh melemah, sehingga Anda lebih mudah sakit.

Meski memiliki banyak manfaat, tidur sianglah dengan waktu yang cukup dan tidak berlebihan. Tidur siang 15 hingga 30 menit cukup untuk memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh Anda. Tidur siang yang berlebihan justru dapat membahayakan kesehatan Anda karena mengurangi aktivitas fisik tubuh Anda.

editor : awan

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: