Home Entertainment Alasan Dibalik Arti Lagu Mahar dari Andi Lisso

Alasan Dibalik Arti Lagu Mahar dari Andi Lisso

KORDANEWS – Mahar adalah judul lagu yang diciptakan Andi Lisso, kata Mahar juga berhubungan erat dengan tradisi dan adat orang Palembang, dengan menggunakan kain Songket sebagai Mahar dalam acara serah-serahan dalam pernikahan.

Pria kelahiran Palembang, anak bungsu dari empat bersaudara yang kedua orang tua asal Ayah kelahiran Palembang ini, mempunyai kakek dari Magelang dan Ibu asal Medan (Sumut). Lagu yang dibuatnya, menceritakan seni budaya yang sudah hampir dilupakan oleh anak-anak muda diantaranya kain tenun songket, karena kebudayaan dan seni sangatlah berkaitan satu sama lainnya.

Dalam mengemas arasemen lagunya memiliki nuasa nusantara, agar bisa di dengar oleh semua orang untuk mencapai misi dan tujuannya, mengenalkan Songket ke anak-anak muda yang sudah banyak melupakan warisan budaya orang Palembang yang sekarang malah lebih dikenal di negara tetangga seperti Malaysia.

Saat dibincangi mengenai lagunya yang berjudul Mahar yang diciptakanya, Andi mengatakan, lagu Mahar itu merupakan tradisi dari wong Palembang bila melakukan pernikahan yang menggunakan kain songket sebagai maharnya. “Itu menjadi alasan mengapa mengambil judul mahar dari lagu tersebut,” katanya.

Menurutnya, isi lagu itu sendiri memang menceritakan lelaki yang melamar gadis pujaan hatinya lalu menggunakan kain songket sebagai mahar pernikahan dan tradisi orang Palembang pada umumnya, menggunakan maharnya adalah kain songket.

Ia yang dari dulunya sudah tertarik budaya dan berfikir bagaimana cara agar bisa berperan serta melestarikan budaya yang ada, terutama budaya dan tradisi wong Palembang sampai suatu ketika pulang kerumah bermain dengan anaknya dan melihat songket yang ada dilemari saat melakukan lamaran dirinya dan menjadi Idea nya untuk menuangkan kesebuah lagu yang diciptakannya.

Perkenalannya dengan Yasmine setelah melihat lagu video liriknya di youtobe dan kemudian menghubungi dirinya lewat istragram dan menawarkan untuk membuat video klip lagu mahar “Untuk sekarang vidionya sedang dalam proses editing oleh Yasmine seorang Mahasiswi vidiografi Limkokwing University dari Malaysia yang segaja datang sendiri ke Palembang untuk membuat video klip lagu Mahar ini” jelas Andi

Dirinya sebelumnya pernah mengikuti ajang lomba yang diadakan oleh Trans 7, untuk Konser 25 tahun Ari Lasso tanggal 25 Oktober 2017 dan terpilih sebagai perwakilan kota Palembang dengan membawakan Lagu Cinta Sejati yang dikirim ke Jakarta. “Saya akhirnya bisa bertemu dengan mereka membawakan lagu tersebut dengan menggunakan Jas Songket yang akhirnya Jas tersebut diberikan ke Ari Lasso” ungkapnya dalam salah satu caranya untuk mengenalkan songket kemusisi.

“Judul Mahar itu sendiri yang memberinya adalah ibu dan nama yang aku gunakan Andi Lisso nama belakangnya Lisso juga pemberian dari ibuku, itu merupakan nama singkatan dari nama kedua orang ku Lide adalah nama ibu dan Soediono adalah nama dari ayah dan jadilah Lisso” pungkasnya dengan arti nama Lisso dibelakang namanya Andi.(eh)

Editor : mahardika

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here