Home Politik KPUD Banyuasin Terima Berkas Tes Kesehatan, Hasilnya?

KPUD Banyuasin Terima Berkas Tes Kesehatan, Hasilnya?

KORDANEWS – Tim medis RSMH telah menyerahkan hasil tes kesehatan kepada KPUD Banyuasin untuk lima bakal calon kepala daerah dari daerah tersebut, Selasa (16/1/2018).

Ketua KPUD Banyuasin, Dahri menjelaskan, lima pasangam calon telah mengikuti semua rangkaian tes kesehatan yang dlakukan oleh Ikatan Dokter Indonesia, Himpunan Psikologi Indonesia dan Badan Narkotika Nasional. Namun, pihak KPU masih merahasiakan hasil tes kesehatan sebagai syarat wajib menjadi peserta Pemilihan Kepala Daerah.

“Hasil uji kesehatan sudah saya terima. Tapi isinya masih rahasia, belum bisa dibuka sekarang. Besok, Rabu (17/1/2018) baru kita buka saat pleno di KPUD Banyuasin,” jelasnya.

Pleno sekaligus pengumuman hasil tes kesehatan tersebut, akan disaksikan oleh Panwas dan tim penghubung masing-masing calon.

“Meski hasilnya sudah kami pegang, tapi ada prosedur untuk membuka dan mengumumkan nya,” ungkap dahri.

Bila dari hasil keterangan tim medis ada salah satu dari pasangan calon dinyatakan kurang sehat, maka tim pengusungnya wajib mengganti dengan calon yang baru.

“Kami beri waktu 3 hari untuk memajukan bakal calon pengganti, lewat dari itu, terpaksa tidak kami terima lagi,” katanya.

Namun, bila bakal calon bupati dan wakilnya keduanya dinyatakan tidak memenuhi syarat, tidak bisa dilakukan penggantian oleh tim pengusung. Artinya pasangan calon yang diusung tersebut otomatis, tercoret dari rangkaian seleksi pemeilihan kepala daerah.

“Mereka diusung oleh tim atau pendukung nya langsung sepasang, bila salah satu tidak memenuhi syarat, artinya masih ada satu lagi yang memang diusung oleh tim, tinggal mencari pelengkapnya. Tapi kalau keduanya tidak memenuhi syarat, otomoatis orang yang didukungan berubah semua dan sesuai aturan tidak bisa dilakukan seperti itu,” paparya.

Dahri melanjutkan, usai tes kesehatan ini, Rabu (17/1/2018) proses selanjutnya KPUD Banyuasin melalukan tes validasi ke sejumlah sekolah. Guna mengecek keabsahan ijazah para pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Banyuasin.

Selanjutnya, pada 18-20 Januari dijadwalkan proses perbaikan berkas. Sejauh ini semua pasangan calon masih ada yang berkasnya belum lengkap. Diantaranya tekait laporan harta kekayaan, laporan pajal dan kekurangan dukungan untuk calon independen.

“Kami tungggu sampai 20 januari, lewat dari itu tidak kami terima dan 12 Februari nanti, nama pasangan calon akan ditetapkan,” tutupnya.(Daf)

Editor : mahardika

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here