Home Politik Tes Kesehatan, 1 Calon Habiskan Rp 12,5 Juta

Tes Kesehatan, 1 Calon Habiskan Rp 12,5 Juta

KORDANEWS – Snggaran untuk tes kesehatan bakal calon kepala daerah yang akan bertarung pada Pilkada serentak Juni mendatang cukup besar. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel menyatakan bahwa anggaran untuk satu bakal calon mencapai Rp 12,5 juta.

“Untuk satu calon Rp 12,5 kalau dikalikan 39 calon maka berkisar Rp 478,5 jutaan,”kata Ketua KPU Provinsi Sumatera Selatan, H Aspahani, usai menerima berkas hasil tes kesehatan dari dokter di Aula RSMH, Selasa (16/1).

Dikatakan Aspahani, anggaran tersebut menggunakan anggaran hibah yang telah disetujui oleh DPRD Sumsel dan Pemprov, anggaran KPU sendiri mencapai 260 miliar lebih.

“Ya, anggaran ini menggunakan anggaran KPU tahun 2018, anggaran ini mencakup banyak kegiatan logistik, sosialisasi dan lainnya,”katanya.

Aspahani menjelaskan bahwa tes kesehatan sesuai dengan tahapan pilkada, hari ini (Rabu, 17/1) KPU akan mengelar rapat pleno untuk mengumumkan hasil tes kesehatan yang telah diterima oleh KPU dari pihak RSMH.

“Tes Kesehatan ini merupakan salah satu syarat bakal pasangan calon untuk maju ketahapan selanjutnya,”katanya.

Dilanjutkannya, bila ada para kandidat ada yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) maka diusulkan ada pergantian calon, bila tidak ada penggantian maka dianggap gugur.

“Untuk hasil para kandidat yang Kabupaten – Kota,akan diterima langsung oleh KPU Kabupaten – Kota dalam sampul tertutup dan 12 Februari akan ditetapkan sebagai calon kepala daerah 2018,”katanya.

Editor : mahardika

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here