Home Politik Puluhan Mahasiswa Serbu Gedung DPRD

Puluhan Mahasiswa Serbu Gedung DPRD

KORDANEWS – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Kikim Area (KMKA) melakukan unjuk rasa di depan DPRD Kabupaten Lahat.

Tujuan mereka berunjuk rasa tersebut tak lain adalah ingin mempertanyakan persoalan yang terkait dengan masalah desa khususnya yang berada di Kabupaten Lahat.

“Kami kemari tidak lain untuk menanyakan dimana peran dari pemerintah terhadap pelaksanaan dana desa, karena kita berasumsi bahwa tidak ada desa yang tidak melakukan musyawarah desa. Namun yang menjadi pertanyaan adalah apakah dalam pelaksanaanya dilaksanakan secara partisipatif dengan melibatkan unsur masyarakat atau melibatkan segelintir orang saja,”kata Sundar, Ketua KMKA, Kamis (18/11/2018).

Dalam unjuk rasa tersebut, nampak puluhan mahasiswa merasa kecewa karena tidak ada satu pun anggota DPRD yang menemui para mahasiswa tersebut.

“Kepada bapak anggota dewan DPRD Lahat, mengapa anda tidak keluar dari kantor dan menemui kami, karena kami ini adalah mahasiswa yang tergabung dalam KMKA. Tolong pak hargai kami,” jelas Sundar.

Apalagi katanya lagi, unsur masyarakat desa termasuk perwakilan sangat jarang diundang oleh forum musdes. Padahal unsur masyarakat di desa itu sangat banyak.

“Karena itulah kami minta kepada bapak anggota dewan yang terhormat mana suaranya, ayo keluar pak, jangan enak-enaknya saja duduk di dalam ruangan yang ber Ac pak, karena itulah kami ingin melaporkan hal ini kepada bapak bupati dan bapak anggota dewan yang terhormat,” bebernya.

Bahkan katanya lagi, banyak sekali desa yang tidak melakukan musyawarah desa namun masih bisa mendapatkan transferan dana desa oleh pemerintah daerah.

“Mungkin itulah ada indikasi main mata antara pemerintah daerah dengan pemerintah desa untuk mengamankan bagaimana caranya tanpa adanya musyawarah desa yang mana dana desa tetap bisa di transfer. Oleh sebab itulah kami minta tindak tegas kepala dinas dan badan yang lalai akan tupoksinya. Dan kami juga meminta kembalikan fungsi dana desa untuk meningkatkan kesejahteraan dan memeratakan pembangunan desa bukan memperkaya diri pribadi dan kelompok tertentu,”jelasnya.

Karena tidak ada satu pun anggota DPRD Lahat yang menemui para mahasiswa yang mengatasnamakan KMKA, maka Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Lahat, H Saprani mengungkapkan kepada puluhan mahasiswa bahwa seluruh anggota DPRD Lahat saat ini sedang melaksanakan Dinas Luar (DL).

“Kepada adik adik mahasiswa, saya sampaikan bahwa saat ini para anggota DPRD Lahat sedang melaksanakan tugas dinas luar. Karena itulah, saya katakan lagi, jika ingin melakukan unjuk rasa ke DPRD Lahat tolong sertai surat dan ditujukan ke kami, sehingga kami bisa tahu. Dan kiranya para anggota DPRD Lahat sudah bbisa ada di kantor kemungkinan Senin,”ucapnya.

Setelah merasa kecewa karena tidak ada anggota DPRD Lahat yang ditemui, akhirnya puluhan mahasiswa KMKA juga melakukan unjuk rasa di depan Pemda Lahat. Hingga saat ini berita ini diturunkan, para mahasiswa masih melakukan unjuk rasa.

Editor: Janu

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here