Home Ekonomi Mau Isi Tabungan Cepat Bertambah? Begini Caranya

Mau Isi Tabungan Cepat Bertambah? Begini Caranya

KORDANEWS – Menabung memang sudah diterapkan sejak kecil tetapi kebanyakan orang susah untuk menanam kebiasaan untuk menabung. Apalagi saat Anda sudah mempunyai penghasilan sendiri pasti sangat sulit untuk menabung karena banyak godaan untuk gaya hidup mewah dan itulah penyebab utamanya.

Banyak orang yang mendapatkan gaji tiap bulan sudah langsung habis di tengah bulan untuk berfoya-foya sampai tidak ingat menabung. Ini dia tips yang baik diterapkan bagi Anda yang mau memiliki banyak tabungan:

1. Membuat anggaran pengeluaran tiap bulan
Pengeluaran tiap bulan sangatlah dibutuhkan untuk menjalani hidup dalam waktu sebulan. Dengan membuat daftar anggaran makan, transportasi, pulsa atau kebutuhan primer lainnya untuk menjadi acuan.

Setelah semua kebutuhan tercukupi dan uang untuk sebulan masih tersisa bisa dipergunakan untuk kebutuhan sekunder misal untuk kebutuhan yang Anda butuhkan jangan berlebihan dan jangan juga kekurangan.

2. Menyediakan dana darurat
Karena seringnya pengeluaran dadakan membuat uang Anda tak jelas kemana perginya. Menyediakan dana darurat bisa jadi alternatif yang membantu untuk ke depannya. Seperti misalnya saat Anda atau orangtua sakit mau tidak mau harus mengeluarkan uang lebih untuk berobat. Jadi harus memiliki persediaan dana darurat dari uang gaji yang harus digunakan sebulan.

3. Memisahkan rekening untuk uang tabungan dengan uang kebutuhan
Cara untuk memisahkan uang kebutuhan dan uang tabungan tabungan itu dengan rekening yang berbeda. Jika uang tabungan di simpan di rekening yang sama pasti akan susah untuk mengaturnya. Karena saat uang kebutuhan habis kita pasti tergiur untuk memakainya karena berpikiran uang masih ada di rekening tanpa sadar uang itu adalah uang tabungan.

4. Selalu siapkan uang tunai
Menyediakan uang tunai sangatlah penting paling tidak Rp 50 ribu atau Rp 100 ribu, biar tidak pakai kartu ATM. Karena pakai kartu selalu bikin Anda lebih boros dibandingkan uang tunai.

Memiliki dan membawa kartu ATM setiap saat, membuat Anda tak bisa menahan godaan menggeseknya ketika uang cash sudah tak memadai untuk berbelanja. Perlu mengantisipasi itu dengan menyediakan uang cash minimal Rp 50 atau Rp 100 ribu di dompet, sedangkan kartu ATM bisa saja Anda simpan di tempat yang lain selain dompet ini wajib Anda lakukan, demi menekan hasrat berbelanja yang membuat boros.

5. Menabung butuh komitmen dan niat yang ditanam dalam diri Anda
Semua yang terjadi pada diri sendiri itu semua tergantung pada diri sendiri dengan niat dan komitmen untuk menabung dan mendapat uang banyak tanpa usaha dari diri sendiri untuk berhasil atau tidaknya menambah tabungan rekening agar bermanfaat untuk masa depan yang lebih baik dan sukses.

Editor:mahardika

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here