Home Headline Nama-nama Ini Disebut Bakal Jadi Plt Kepala Daerah di Sumsel

Nama-nama Ini Disebut Bakal Jadi Plt Kepala Daerah di Sumsel

KORDANEWS – Siapa yang bakal menepati posisi Pelaksana Tugas (Plt) kepala daerah kian terang. Dari kedua belas nama pejabat yang diajukan Gubernur Sumsel kepada Mendagri, empat nama diantara sudah gencar beredar di lingkungan Pemrov Sumsel.

Sumber internal Kordanews menyebutkan, pejabat di lingkungan Pemprov Sumsel yang bakal dipercaya menempati posisi pelaksana tugas yakni Akhmah Najib (Asisten 1 bidang Pemerintah dan Kesra) akan menjadi Plt Walikota Palembang, Richard Cahyadi (Kepala Dinas Kesatuan Politik) menjadi Plt Walikota Prabumulih, kemudian Amsin (Karo Otonomi Daerah dan Pemerintahan) menjadi Plt Walikota Pagaralam, dan Riki Junaidi (Kepala Satuan Polisi Pamong Praja) bakal sebagai Plt Walikota Lubuklinggau.

Karo Otonomi Daerah dan Pemerintahan Pemprov Sumsel, Amsin mengatakan, pemilihan pejabat yang bakal menempati posisi Plt tersebut sesuai dengan rekomendasi dari Gubernur.

“Saat ini nama-nama tersebut masih di meja meteri. Paling lambat dalam minggu ini sudah turun,” katanya.

Namun, Amsin tidak mengetahui siapa nama pejabat yang dipilih untuk mengisi pelaksana tugas di empat kota di Sumsel tersebut.

“Yang jelas ada 12 nama yang diajukan. Nah, siapa yang dipilih itu saya belum tahu,” katanya.

Sementara terkait ikut mencuatnya nama dirinya mempati pelaksana tugas di Pagaralam Amsin pun enggan berkomentar banyak. “Sebagai bawahan tentu harus siap jika ditugaskan pimpinan,” katanya.

Senada, Richard Cahyadi pun tidak mau berkomentar banyak mengenai bakal menjabat sebagai pelaksana tugas Walikota Prabumulih. Menurutnya, hal tersebut bukan menjadi kapasitas dirinya.

“Masih banyak pejabat yang lebih pantas dan lebih senior,” katanya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Sumsel, Nasrun Umar mengatakan, syarat menjadi pelaksana tugas kepala daerah harus berasal dari pejabat di lingkungan Pemprov Sumsel. Seperti jabatan Eselon II dan kepangkatan minimal 4 (b).

“Penunjukan siapa yang bakal menjadi pelaksana tugas kepala daerah adalah hak prerogatif seorang Gubernur,” katanya

Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin mengatakan, sudah ada sedikitnya 12 nama pejabat senior Pemprov Sumsel yang telah diajukan kepada Kemendagri untuk nantinya menjadi Plt kepala daerah. Munculnya 12 nama tersebut mengingat pengajuan untuk satu daerah terdiri dari tiga nama kandidat. Nantinya, Kemendagri akan memilih satu nama.

“Ya, jadi kan ada empat kota yang akan disisi Plt kepala daerahnya, jadi kandidatnya ada 12 orang,” kata Alex.

Editor : mahardika

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here