Home Ekonomi Perusahaan Ini Ajukan Diri Kelola LRT Palembang

Perusahaan Ini Ajukan Diri Kelola LRT Palembang

KORDANEWS – Kementerian Perhubungan bersama Pemerintah Provinsi Sumsel belum menentukan pihak yang bakal ditunjuk sebagai operator atau badan pengelola moda transportasi massal, Light Rail Transit (LRT) di Palembang.

Melihat potensi tersebut, PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) selaku perusahaan operator KRL Commuter Line di Jakarta menawarkan diri.

Fredi Firmansyah, Direktur Teknik PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI), Minggu (25/2). “Jika ditunjuk atau dipercaya mengelola LRT di Palembang tentu kami akan siap, apalagi kami sudah berpengalaman di bidang ini,” katanya.

Sebagai core bisnis dari PT Kereta Api Inidonesia, kata Fredi, PT KCI sudah berpengalaman hingga puluhan tahun mengelola perkeretaapian di Jakarta, maka dari itu bukan berkara besar untuk mengelola LRT.

“Memang secara resmi kami belum mengajukan permohonan ini kepada kementerian, hanya saja pembahasan terkait ini sudah sempat dibicarakan,” katanya.

Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubunhan RI, Zulfikri mengatakan, ketentuan terkait pengelolaan LRT di Palembang hingga saat inj memang belum diputuskan. “Masih belum diputuskan siapa yang bakal mengelolanya,” katanya.

Terkait ketertarikan PT KCI untuk mengelola LRT sendiri, Zulfikri mengaku hal tersebut bisa saja terjadi dan tidak menutup kemungkinan. “Jadi mungkin saja, tinggal lagi dilihat dari aspek legalnya seperti apa. Terlebih lagi di LRT ini ada aset pemerintah pusat dan daerah,” pungkasnya.

Editor : mahardika

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here