Home Budaya Miris ! Peninggalan Budaya Sulawesi di Ciderai Pengunjung

Miris ! Peninggalan Budaya Sulawesi di Ciderai Pengunjung

KORDANEWS- Tangan-tangan jahil telah merusak keindahan patung megalitikum yang ada di Taman Nasional Lore Lindu, Poso, Sulawesi Tengah. Patung ini dicorat-coret.

Dilihat Kordanews.com, Jumat (30/3/2018), ada satu akun Instagram yang menyebarkan aksi tak terpuji itu, bernama, @3105fer. Ada satu unggahannya yang memperlihatkan aksi vandalisme.

“Sungguh miris dengan kelakuan oknum-oknum yang tak bertanggungjawab yang dengan mencorat-coret batu Megalith Palindo di Lembah Sepe, Poso Sulawesi Tengah. Masyarakat asing datang jauh-jauh untuk menikmati keindahan batu megalith ini tapi masyarakat kita sendiri yang mencederai keindahan batu megalith ini,” kata @3105fer dalam unggahannya itu.
“Sungguh tindakan tak terpuji,” sambung dia.

Sejatinya di Lembah Bada itu adalah lokasi patung-patung besar yang mirip manusia seperti yang ada di Pulau Paskah, Cile. Di sana ada puluhan patung purbakala yang diduga sudah ada pada abad ke-14.

Patung dibuat dari batu pahatan yang rata-rata berbentuk oval. Pada bagian atas patung dibuat menyerupai kepala lengkap dengan mata hingga mulut.

Editor : ardi

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here