Home Nusantara Manipulasi Data, Facebook Apus Akun Organisasi Rusia

Manipulasi Data, Facebook Apus Akun Organisasi Rusia

KORDANEWS- Facebook memblokir 70 akun, 138 pages, dan 65 akun Instagram yang dikontrol oleh Internet Research Agency (IRA). Kenapa?

Bersamaan dengan pengumuman tersebut, Alex Stamos, Chief Security Officer Facebook, memposting sejumlah contoh laman dan iklan yang yang disebutnya diposting oleh organisasi disinformasi yang terhubung dengan pemerintah Rusia.

“IRA secara konsisten menggunakan akun palsu untuk menipu dan memanipulasi orang. Inilah kenapa kami menghapus semua akun yang terhubung dengan organisasi tersebut,” tulis Stamos.

Menurut Stamos, menemukan laman semacam ini membutuhkan waktu berbulan-bulan. Sekitar 95% laman dengan konten berbahasa spesifik ditujukan untuk orang yang bisa berbahasa Rusia, dan salah satu laman yang ada diikuti oleh 1,08 juta pengguna.

Sementara akun Instagram yang diblokir itu mempunyai 493 ribu pengikut, dan akun tersebut sudah menghabiskan sekitar USD 167 ribu untuk beriklan sejak 2015, demikian dikutipdari The Verge, Rabu (4/4/2018).

Contoh postingan IRA yang diambil Facebook termasuk laman bernama RuOpen, Politkach, dn Spicy Blogger. Juga postingan konten seperti humor politik, dan permintaan untuk cerita seram atau menakutkan dari pembaca.

Menurut Stamos, laman dan akun-akun tersebut dihapus murni karena terhubung dengan IRA, bukan konten yang mereka posting. Sebelumnya Mark Zuckerberg juga menjanjikan akan menghapus semua laman IRA.

“Agensi Rusia ini sudah berulang kali menipu dan mencoba memanipulasi warga AS, Eropa dan Rusia, kami tak mau mereka ada di Facebook, di mana pun mereka berada,” tulis Zuck kala itu.

Editor : ardi

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here