Home Headline Tingkatkan SDM, Muara Enim Bakal Jadi Sister City-nya Jepang

Tingkatkan SDM, Muara Enim Bakal Jadi Sister City-nya Jepang

KORDANEWS – Guna mempercepat realisasi pembangunan yang sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Pemerintah Kabupaten Muara Enim berencana menjalin kerja sama dengan Jepang.

Muara Enim akan menjadi pilot project program Sister City dalam berbagai bidang pengelolaan seperti perkotaan, pertanian, pendidikan serta teknologi bersama Negeri Sakura.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah Muaraenim, H Hasanudin yang ditemui saat memantau pelaksanaan UNBK di SMAN 3 Muara Enim, Senin (09/04/2018).

Hasanudin mengatakan, saat ini Pemkab Muara Enim serius meningkatkan kerjasama dengan negara maju seperti Jepang khususnya pada program sister city.

Bahkan untuk mewujudkan hal ini, degelasi Kabupaten Muara Enim yang diketuai Bupati Muara Enim H Muzakir Sai Sohar telah bertolak ke Jepang, hari ini untuk memulai proses penjajakan kerjasama.

“Program sister city dengan Jepang pertama kalinya digarap. Melalui program ini kita dapat belajar banyak pengembangan kota di sana yang tentunya akan disesuaikan dengan karakteristik Kabupaten Muara Enim,” kata Hasanudin.

Menurutnya, pendekatan kerja sama diawali dengan Memorandum of Understanding (MoU) bersama lembaga dan instansi penting disana. Selanjutnya lembaga tersebut akan menindaklanjuti dan menggali sejumlah potensi daerah yang bisa dikerjasamakan dengan Jepang.

“Kerjasamanya meliputi berbagai bidang mulai perkotaan, pendidikan, pertanian serta yang tak kalah penting yakni teknologi, lewat program ini pemkab sekaligus juga ingin meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM),” paparnya.

Untuk diketahui, Sister City merupakan salah satu bentuk kerjasama antara pemerintah daerah yang ada di Indonesia dengan pemerintahan di luar negeri guna menumbuhkembangkan hubungan persahabatan saling menguntungkan antara kedua negara.

Konsepnya pertama kali sudah diterapkan sejumlah negara di Benua Eropa yang seiring perkembangannya muncul pula istilah lain yang sebut dengan Twin City atau Kota Kembar. (Ari)

Editor: Janu

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here