Jangan Janji Palsu! Warga Ujanmas Tagih Bangun Jembatan


KORDANEWS – Janji manis pemerintah beberapa tahun lalu membangun jembatan akhirnya di tagih oleh masyarakat Desa Ujanmas Lama, Kecamatan Ujanmas, Kabupaten Muara Enim.

Lantaran janji itu selalu diharapkan warga bermimpi mempunyai jembatan hingga membuat mereka geram.Hal ini disampaikan salah seorang perwakilan masyarakat Ujanmas bernama Saiffudin.

Menurut anggota BPD Ujanmas Lama ini, berharap pemerintah setempat segera membangun jembatan permanen di Desa Ujanmas Lama.Sebab kebutuhan masyarakat sudah sangat mendesak agar akses menuju seberang Sungai Lematang bisa dinikmati warga.

“Jembatan permanen sangat dibutuhkan masyarakat, karena jembatan gantung yang ada tidak dapat mengatasi volume kendaraan bermotor menuju seberang sungai.Kendaraan roda empat juga tidak bisa melalui jembatan gantung tersebut. Apalagi di seberang sungai terdapat dusun dari dua desa yang ada di Kecamatan Ujanmas,” terangnya.

Sementara itu menanggapi persoalan ini, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PUPM) Muara Enim A angkat bicara. Yani menerangkan, pembangunan jembatan permanen di Desa Ujanmas Lama sudah menjadi rencana sejak beberapa tahun lalu.

Namun kata dia, sampai saat ini masih terkendala biaya yang cukup besar. Di tahun 2018 ini, Pemkab Muara Enim telah menganggarkan jalan menuju jembatan tersebut.

“Jembatan permanen ini memakan biaya cukup besar, contohnya saja untuk pembangunan pondasinya bisa mencapai 15 Miliar. Kita memerlukan dana APBN untuk pembangunannya, tetapi saat ini APBN masih mengalami kendala defisit anggaran. Namun tahun 2018 ini, kita sudah alokasikan dana pembangunan jalan menuju jembatan tersebut,” jelasnya.

Yani melanjutkan, untuk mengatasi hal tersebut, tahun 2018 ini Kecamatan Ujanmas mendapatkan jembatan gantung yang diharapkan dapat menopang perekonomian masyarakat selama persiapan perencanaan jembatan permanen tersebut.

“Tahun 2018 ini kita akan membangun jembatan gantung di Desa Ujanmas Baru, untuk menopang perekonomian masyarakat, sebelum jembatan permanen dibangun,” pungkas Yani.(Ari)

editor : lintang

No related post!

Tinggalkan pesan