Home Budaya Jika Melihat Keberadaan Anjal dan Gepeng, Segera Hubungi Nomer Telepon Ini

Jika Melihat Keberadaan Anjal dan Gepeng, Segera Hubungi Nomer Telepon Ini

KORDANEWS – Jelang Ramadan dan Lebaran, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Palembang telah mempersiapkan berbagai cara untuk mengantisipasi meningkatnya keberadaan anak jalanan (Anjal) dan gelandangan pengemis (Gepeng).

Salah satunya dengan menerapkan sistem shift terhadap petugas patroli. Adapun pembagian shift yang dilakukan dibagi menjadi tiga, mulai dari patroli terpadu, hingga patroli motor.

Selain itu, disiapkan juga call center jika ada informasi dari masyarakat terkait keberadaan anjal dan gepeng di Palembang. Dimana, masyarakat bisa telpon atau sms ke nomor 08128319144.

“Penertiban terhadap anjal dan gepeng ini akan dilakukan sampai dengan pukul 11 malam (23.00 WIB),” terang Sekretaris Dinsos Kota Palembang, Iksan Tosni.

Iksan menambahkan, penertiban anjal dan gepeng jelang ramadan ini, sudah mulai dilakukan beberapa hari yang lalu. Dimana, tim penjangkauan yang terdiri dari Satuan Polisi Pamong Praja (SatPol PP), Dinas Sosial, Kepolisian dan TNI, terus melakukan penyisiran dibantu patroli kendaraan bermotor.

“Sesuai dengan prosedur, setelah anjal dan gepeng tersebut ditangkap, maka akan dilakukan pembinaan di panti yang terletak di KM5 Palembang, selanjutnya akan dihubungi pihak keluarga dan dipulangkan,” terangnya.

Selain mengerahkan patroli mobil dan motor, disiapkan juga satu unit ambulance yang akan membantu tim, dalam menangani gelandangan yang dalam kondisi sakit.

“Ada aturan yang mengatur terkait aktivitas meminta sumbangan ataupun sedekah. Yakni Perda Nomor 44 Tahun 2002 tentang Ketentraman dan Ketertiban Nomor 13 Tahun 2007 tentang perubahan atas Perda sebelumnya. Jadi tidak sembarangan,” tandasnya. (Vic)

Editor : mahardika

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here