Home Politik Hanan Zulkarnain, Sosok Nyentrik dengan Segudang Prestasi

Hanan Zulkarnain, Sosok Nyentrik dengan Segudang Prestasi

KORDANEWS – Lahir pada 5 April 1963 di Bumi Seinggok Sepemunyian, Ir H Hanan Zulkarnain MTP, dibesarkan dari kedua orang tua yang berasal dari pesisir Sungai Lematang, Ayahanda berasal dari Desa Sungai Rotan dan Ibunda dari Modong.

Hanan mulai menginjak bangku sekolah di tahun 1975 tepatnya SD Negeri XIII Kota Prabumulih, kemudian lanjut ke SMP Yayasan Bakti Prabumulih, hingga menyelesaikan pendidikan tingkat SMA di Santo Yosep, Lahat pada tahun 1982.

Belum merasa cukup hanya dengan lulusan SMA, pada tahun 1988 Hanan pun melanjutkan pendidikan ke jenjang strata satu (SI) jurusan Teknik Sipil di Universitas Sriwijaya, Palembang. Memiliki tekad ingin menjadi sosok yang berguna bagi kampung halaman, dirinya kemudian melanjutkan pendidikan ke jenjang strata dua (SII) di UGM Yogyakarta mengambil gelar Magister Perencanaan Kota dan Daerah di tahun 2000.

Seiring berjalanya waktu, merasa tertantang untuk membawa Kabupaten Muara Enim agar menjadi lebih baik, Hanan kemudian mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati Kabupaten Muara Enim periode 2003/2008. Dengan izin oleh Allah SWT, dirinya terpilih menjadi Wabup mendampingi (Alm) Kalamuddin Djinab.

Banyak sekali prestasi yang telah di capai oleh Hanan Zulkarnain selama masa menjabat sebagai Wakil Bupati Kabupaten Muara Enim periode 2003/2008. Tak tanggung-tanggung, karena prestasinya itu dirinya mendapat lima penghargaan dari mantan Presiden RI ke-5, Susilo Bambang Yudoyhono.

“Memang dari awal saya sangat suka dalam bekerja, dan selalu berpikir bagaimana membangun Kabupaten Muara Enim yang lebih maju,” ungkap pria penghobi olahraga Golf ini saat berbincang dengan Kordanews.com.

Atas dasar itu juga, kini Hanan merasa terpanggil lagi untuk kembali memimpin Kabupaten Muara Enim periode 2018/2023 berpasangan dengan Ir H Syamsul Bahri.

“Sekarang saya merasa prihatin dengan kondisi Muara Enim yang kian hari kian tertinggal dengan Kabupaten dan Kota tetangga, karena itu saya mau kembali mencalonkan diri sebagai Cawabub berpasangan dengan pak Syamsul Bahri. Ya kalau kita tidak mau merubah Kabupaten Muara Enim menjadi lebih baik, siapa lagi,” ujar pria murah senyum ini.

Nah, untuk memantapkan dirinya dalam menguasai masalah perencanaan wilayah dan daerah, Ir H Hanan Zulkarnain kembali melanjutkan gelar Doktor di IPB Bogor dan mengambil program keahlian perencanaan dan pengembangan wilayah dan daerah.

“Kalau mau maju kita harus cerdas dan pintar, biar wawasan kita bertambah dan bisa menjadikan Muara Enim lebih baik dan dapat bersaing,” pungkasnya. (Ari)

Editor : mahardika

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here