Cantiknya, 3 Air Terjun Ditemukan di Lahat


KORDANEWS – Dengan potensi wisata yang luar biasa di Kabupaten Lahat. Pasalnya, Panoramic of Lahat sebuah komunitas yang peduli dengan kebudayaan dan pariwisata tak pernah berhenti untuk mengexplore keindahan alam kali ini di Kecamatan Pagar Gunung yang menjelajah di Desa Air Lingkar.

Ketua Panoramic Of Lahat, Mario Andramartik mengungkapkan, Desa tersebut berada paling ujung Kecamatan Pagar Gunung namun menyimpan pesona alam dan budaya. Di sini terdapat 1 situs megalit yang di kenal masyarakat sebagai Batu Beteri yaitu sebuah arca manusia. Selain itu ada 3 air terjun yaitu air terjun Batu Bijan, air terjun Ujan Panas dan air terjun Ayek Deghas.

“Di desa ini ada ada 3 air terjun yaitu air terjun Batu Bijan, air terjun Ujan Panas dan air terjun Ayek Deghas dan satu buah situs megalit atau batu bateri,” ungkap Mario

Sementara itu, perkiraan letak megalit hanya sekitar 1 km dari desa lain halnya dengan air terjun yang letaknya cukup jauh dari desa. Untuk mencapai air terjun Ayek Deghas dapat berjalan kaki atau sepeda motor yang telah di design khusus karena melintasi jalan kebun yang berlumpur bila di musim hujan dan jalanan menanjak. Perjalanan dari desa sekitar 5 km. Dan utk melihat air terjun Ujan Panas melanjutkan perjalanan sekitar 5 km lagi. Air terjun Ayek Deghas berair jernih dengan ketinggian sekitar 10 mter. Sedang air terjun Ujan panas mempunyai ketinggian 15 meter terletak di ketinggian 880 mdpl.

“Perjalanan menuju air terjun ini perlu waktu yang cukup lama karena jauh namun akan terbayarkan oleh keindahan dari air terjun,” imbuhnya

Untuk diketahui, Dengan kunjungan di desa ini maka jumlah air terjun yang di data oleh Panoramic of Lahat menjadi 140 air terjun dan makin mengkukuhkan kabupaten Lahat sebagai pemilik air terjun terbanyak se Indonesia. Tahun 2016 Panoramic of Lahat pernah mendaftarkan ke MURI bahwa kabupaten Lahat pemilik air terjun terbanyak se Indonesia.

editor : awan

No related post!

Tinggalkan pesan