Elektabilitas Perindo Ungguli Delapan Parpol Lama


KORDANEWS – Lembaga survei Indonesia Network Election Survei (INES) merilis hasil temuan terkait tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi).

Dalam survei tersebut juga diungkap mengenai kekuatan politik menjelang pemilu 2019 yakni tentang elektabilitas partai politik peserta pemilu 2019.

Dalam temuan survei disebutkan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) menjadi satu-satunya partai baru yang memiliki elektabilitas tertinggi yakni meraih 5,80 persen.

Bahkan prosentase elektabilitas partai yang dipimpin Hary Tanoesoedibjo ini mengungguli delapan parpol lama. Elektabilitas delapan parpol lama yang disalip Perindo ini antara lain Partai Demokrat, PKB, Nasdem, PPP, PAN, Hanura, PBB dan PKPI.

“Perindo ini partai baru yang cukup menarik perhatian,” kata Peneliti Ines, Basynursyah saat merilis hasil survei di Mess Aceh dilansir dari Sindonews, Minggu (6/5/2018).

Berikut elektabilitas parpol berdasarkan nomor urut partai yakni PKB sebesar 5,7%, Gerindra 26,2%, PDIP 14,3%, Golkar 8,2%, Nasdem 3,1%, Garuda 0,4%, Berkarya 0,7% PKS 7,1%. Kemudian Perindo 5,8%, PPP 3,1%, PSI 0,1%, PAN 5,3%, Hanura 2,3%, Demokrat 4,6% PBB 2,1% dan PKPI 0,9%. “Tidak menjawab 10,1%,” tambah dia.

Survei tersebut dilaksanakan di 33 provinsi di Indonesia di mana survei dilakukan pada 12-28 April 2018 dengan jumlah responden sebanyak 2.180 orang. Para responden pada penelitian ini tersebar secara proporsional di 408 kabupaten/kota.

Responden survei ini berasal dari laki-laki dan perempuan yang bekerja di sektor domestik atau publik, dengan aneka profesi dengan ragam pendidikan dan ragam umur serta penghasilan dan latar belakang agama yang berbeda. Survei ini pada tingkat kepercayaan 95% dengan margin of error lebih kurang 2,1%.(net)

Editor : mahardika

politik

Posting Terkait

Tinggalkan pesan