Jokowi Ingin Mobil Dinas Presiden Seperti Mobil Vladimir Putin


KORDANEWS- Pengembangan mobil biasanya menghabiskan dana yang sangat besar. Rusia saja membutuhkan biaya Rp 2,7 triliun untuk membuat mobil dinas Presiden Vladimir Putin.

Mengutip pemberitaan Reuters dan AFP, Selasa (8/5/2018), proyek limosin itu menghabiskan dana sebesar 12,4 miliar rubel atau sekitar 164 juta euro atau jika ditukarkan dengan nilai kurs rupiah sekarang Rp 2,7 triliun. Jadi jika Presiden Indonesia Joko Widodo mau buat mobil buatan nasional untuk mobil dinas, angkanya mungkin di sekitar itu ya.

Angka itu merupakan angka subsidi yang diberikan pemerintah Rusia untuk proyek pengembangan mobil Kortezh ini. Mobil mulai dikembangkan sejak awal 2012 dan diproduksi oleh pusat penelitian Rusia yang disebut NAMI. Selain limosin, proyek Kortezh juga akan membuat mobil dalam bodi tipe yang lain, seperti sedan atau SUV.

Di masa depan, mobil itu akan juga dijual massal untuk kalangan umum dengan merek Aurus dan dijual oleh produsen mobil lokal Sollers. Menteri Perindustrian dan Perdagangan Rusia Denis Manturov mengatakan Rusia akan menyediakan mobil Kortezh kepada pejabat lainnya.

Sementara untuk versi produksi massalnya yang memiliki merek Aurus tadi akan mulai dijual tahun 2019.

Editor : ardi

aurus mobil

Posting Terkait

Tinggalkan pesan