Home Headline Restorasi Sungai Sekanak Telan Dana Rp7,5 Miliar

Restorasi Sungai Sekanak Telan Dana Rp7,5 Miliar

KORDANEWS – Pemerintah kota (Pemkot) Palembang kian bersemangat untuk mensukseakan pesta akbar olahraga Asean Games 2018 yang akan dilaksanakan beberapa bulan mendatang. Segala aspek yang dapat menunjang suksesnya pesta olahraga tingkat Asia itu selalu menjadi fokus perhatian pemerintah.

Diantaranya adalah dengan mempercantik sungai. Rencana mempercantik sungai dan menjadikannya sebagai tempat objek wisata serta mengembalikan fungsi sungai sebagaimana seharusnya sudah direncanakan sejak tahun 2016 lalu oleh Walikota Palembang Nonaktif, Harnojoyo, yang memulainya dari Sungai Sekanak.

Sungai Sekanak merupakan sungai yang saat ini sudah mulai di restorasi. Terbukti dari sudah dilakukannya pemagaran oleh pemenang tender dan mobeler yang sudah berada dilokasi.

“Kita berharap secara fisik dapat selesai saat Asian Games. Meski belum selesai 100%,” harap Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) Kota Palembang, Ahmad Bastari.

Saat ini, pembangunan akan segera direalisasikan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Palembang, sebesar Rp7,5 miliar.

Bastari menambahkan, restorasi ini akan berlangsung dari kawasan sungai Sekanak hingga ke sungai Lambidaro Kecamatan Gandus.

Nantinya, sungai Sekanak hingga ke sungai Lambidaro akan digali sedalam 2 meter (M), sehingga air pasang surut dari sungai musi dapat masuk ke anak-anak sungai tersebut.

Sungai inipun nantinya tidak akan kotor, karena akan dilengkapi dengan Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL). Sehingga akan jadi wisata sungai dan dapat digunakan untuk berlayar.

“Jadi air sungai ini tidak lagi kotor, jernih, karena air sungai bisa masuk. Nah setelah ini selesai dibangun, kami harap tidak lagi membuang limbah ke sungai,” jelasnya.

Untuk merealisasikan projek ini, sejumlah jembatan yang dilalui sungai akan sedikit dirombak. Jembatan yang sebelumnya datar, akan dirubah sedikit melengkung, agar perahu atau rakit bisa melintas.

Dimana, ada tujuh jembatan yang akan dirombak, yakni jembatan di Jalan Merdeka, Jalan Rivai, Jalan Radial, Jalan Soekarno Hatta, Jalan Demang Lebar Daun, Jalan Lunjuk, dan Jalan Puncak Sekuning.

“Kalau tidak dilengkungkan otomatis perahu tidak bisa melintas,” tegasnya.

Bastari menerangkan, untuk pilot project dari sungai Sekanak ke jalan Merdeka akan selesai sebelum Asian Games mendatang agar bisa dilalui oleh perahu.

“Untuk kelanjutannya menuju ke sungai Lambidaro akan selesai pada tahun 2019.‎ Kanan kiri sungai ini akan dibebaskan dan dibuat jalan seperti pedestrian dan tengah pengaliran sungai,” ungkapnya. (Vic)

Editor: Janu

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here