Home Headline Anies Segel Pulau Reklamasi Bikin 9 Naga Kejang

Anies Segel Pulau Reklamasi Bikin 9 Naga Kejang

KORDANEWS – Langkah Gubernur Jakarta Anies Baswedan menyegel pulau reklamasi, Pulau C dan D, Kamis (7/6), diapresiasi sebagian besar pendukungnya di media sosial.

Pasangan Sandiaga Uno ini dipuji-puji sebagai pemimpin yang menepati janji, bahkan ada yang menyebutnya layak diusung menjadi presiden tahun 2019.
“Masyaallah…. gubernur kita…. semoga selalu dalam lindungan ALLAH. S.W.T,” tulis Salmah Jessar di Facebook.

Anies didoakan pendukungnya agar selalu panjang umur dan menjalankan tugas dengan penuh tanggungjawab.
“Masyaallah. Goodbener bikin 9 naga kejang-kejang. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia..!” tulis Fauziah Ifo Rasad.

Sebagian warganet mengingatkan Anies agar waspada setelah menyegel mega proyek yang paling banyak dibicarakan di Ibu Kota Jakarta dalam beberapa tahun terakhir.

“Tingkatkan kewaspadaan pak gubernur. Akan banyak pihak yang akan menghalakan segala cara melawan tindakan ini. Semoga Allah SWT senantiasa melindungi bapak,” tulis Sutan Al Sutan du Facebook.

Pemilik akun Chova menambahkan dengan kalimat sarkastik: “Hati-hati pak Anies nanti banyak cebong yang berloncatan.”

Sementara Afrizal Pasa akan menunggu apa yang akan terjadi setelah pulau buatan itu disegel. Menurut dia, penyegelan di Ibu Kota sudah biasa terjadi.

“Kita tinggu mau dibawa kemana setelah ini? Ini baru awal, pengalaman penyegelan oleh pemda sudah biasa dan banyak terjadi, tapi banyak juga yang akhirnya berjalan lagi. Malah di tempat lain bukan cuma penyegelan. tapi langsung meruntuhkan,” tulis dia.

Jumlah bangunan yang disegel ada 932 bangunan terdiri atas 409 rumah, 212 rukan dan 313 jadi satu unit rukan rumah tinggal.

Sebelumnya Anies telah meminta Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil untuk membatalkan seluruh sertifikat hak guna bangunan tiga pulau reklamasi yang diberikan kepada pengembang.

Surat permohonan itu dikirim untuk membatalkan tiga pulau yang dimaksud yakni Pulau C, D dan G. Surat dengan nomor 2373/-1.794.2 itu ditandatangani oleh Anies pada 29 Desember 2017.
Anggota Dewan Perwakilan Daerah mendukung keputusan Anies Baswedan menyegel bangunan itu.

“Langkah gubernur Jakarta menyegel bangunan di pulau D reklamasi Teluk Jakarta sangatlah tepat. Apalagi ternyata bangunannya belum berizin,” kata senator Dailami.

Tindakan itu juga dinilai sebagai bentuk dan gaya kepemimpinan Anies yang tegas.

“Saya sangat mendukung dengan apa yang dilakukan oleh Pak Anies, penyegelan itu adalah bentuk dari gaya kepemimpinan yang tegas dan cerdas dan tidak berpihak kepada siapapun,” katanya.

Dia juga menilai yang dilakukan Anies sangat positif, apalagi memimpin langsung penyegelan tersebut.
“Ini menjadi pelajaran yang sangat baik untuk pemerintah Provinsi DKI Jakarta, terutama mengenai penertiban izin-izin pembangunan. Jadi semua sama di mata hukum dan semua harus ikuti prosedural yang ada,” katanya.

Menurut dia yang dilakukan Anies adalah sesuatu yang memang sudah sepatutnya, bukan hanya sebagai pemenuhan janji saat kampanye menolak reklamasi. Namun ini bentuk komitmen bahwasannya semua harus sama dan tidak ada keterpihakan di dalam hukum dan peraturan.

Sebelum penyegelan, Anies berpesan kepada petugas agar menjaga kehormatan warga negara lain dan menghargai pihak – pihak yang tidak berhubungan.

“Untuk semua, tunjukkan adab, tunjukkan tata cara yang terhormat, ini bukan berarti kita kompromi bukan lemah . Justru tunjukkan senyum boleh lebar, wajah boleh ramah tapi ketegasan tidak bisa dikompromikan,” kata Anies.

Karena itu, semuanya harus menjunjung prinsip kerja seperti yang sudah dia sampaikan. Diharapkan kepada yang bertugas untuk menjalankan tugas sebaik-baiknya.

“Segera tunaikan yang menjadi kewajiban dan Insya Allah teman – teman semua mendaparkan kebanggaan bahwa semua adalah bagian dari penegak peraturan ini,” kata dia.

“Saya harap semua yang dilakukan dikerjakan sebaik-baiknya dan tuntaskan. Setelah ini bagian kita untuk memastikan tidak ada pengulangan di tempat lain,”katanya.(net)

Editor : mahardika

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here