Home Politik Ratusan Surat Suara Banyuasin ‘Nyasar’ ke Lahat

Ratusan Surat Suara Banyuasin ‘Nyasar’ ke Lahat

KORDANEWS- Panwaslu Kabupaten Lahat temukan 460 lembar kertas suara Pilbub Bupati Lahat yang tercampur dengan surat suara pilbub Banyuasin saat pengiriman pendistribusian logistik.

Diungkapkan anggota Panwaslu Lahat, Andre Juarsyah, awalnya Panwaslu Lahat mendapat informasi Panwas Banyuasin saat pengawasan pensortiran dan pelipatan dikantor KPU Banyuasin, 30 Mei 2018 lalu.

Selanjutnya, berdasarkan informasi tersebut, panwas lahat segera berkordinasi dengan KPU. “Hari ini (Kamis, red) dilakukan penelusuran ke KPU Banyuasin, ternyata benar adanya surat suara yg tercampur. Kondisinya bagus,” ungkap Andra Juarsyah, dihubungi, Kamis (7/7).

Dari 301.641 kebutuhan kertas suara Pemilukada Lahat 2018. KPU Lahat mencatat ada kekurangan 420 surat suara, ditambah ditemukannya 247 kertas suara dalam kondisi rusak. Jumlah itu didapat setelah penyortiran surat suara, yang dilakukan KPU Lahat.

“Surat suara yang rusak itu, dengan keadaan tinta meluber, dan salah potong dari perusahaan percetakannya,” ujar Ketua KPU Lahat, Samsulrizal Nusir Bsc.

Lanjutnya, pihaknya sudah menyampaikan 667 kekurangan kertas suara itu, kepada perusahaan yang menang orderannya di Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah. Supaya dapat diganti sesuai dengan jumlah total yang rusak dan kurang.

“Tinggal ditanda tangani para komisioner saja, baru kita laporkan. Belum bisa dipastikan kapan masuknya lagi, yang jelas sebelum hri pencoblosan,” sampainya.

Editor : mahardika

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here