Buaya Di Priok, Petugas Buru Hingga 7 Hari Kedepan


KORDANEWS- Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Victor Siagian mengatakan pencarian buaya akan dilakukan sampai 7 hari kedepan. Pencarian akan terfokus di 4 titik yakni Pantai Ancol, Pondok Dayung, wilayah Pulau Seribu, dan Kali Adem.

“7 Hari kita rencananya. Sepakat tadi saya sama Pak Bupati (Kepulauan Seribu Irmansyah) 7 hari kita cari, terus sektor-sektornya kita bagi,” kata Victor saat dihubungi, Minggu (17/6/2018).

Meski demikian, batas waktu 7 hari itu bersifat situasional. Apabila setelah 7 hari ditemukan kemunculan buaya, tim gabungan Pemprov DKI dan Forkopimda akan kembali terjun dalam pencarian.

“Kita lihat situasi. Kalau nanti ada muncul lagi kan kita tambah lagi. kita buat patroli gabungan, poskonya kita pusatkan di Makopolres. Gabungannya dari Satpol PP pemprov, Basarnas, Damkar juga, TNI AL, Taman Margasatwa Ragunan. Prinsipnya biar buaya tidak mengancam keselamatan manusia,” ujarnya.

Victor menuturkan, tim gabungan ini inisiatif dari Forkompimda Kepulauan Seribu.

“Inisiatornya dari Forkopimda dari Bupati, Kapolres. Nah kita inisiatif jangan sampai ganggu wisatawan juga buat ketakutan karena videonya kan viral,” paparnya.

Pencarian tim gabungan ini dimulai pagi tadi pukul 09.00 WIB. Apel dipimpin langsung oleh Bupati Kepulauan Seribu Irmansyah. Victor menyampaikan, hasil pencarian di hari pertama masih belum menemui hasil. Buaya muara masih belum nampak ke permukaan laut.

“Sementara ini belum ada hasil belum ada yang ditemukan. Ya kita koordinasi lagi sekitar seminggu lagi, 7 hari lagi. Ini pencarian pertama. Jadi kita gabung, ada pawang-pawang buayanya dari temen margasatwa dia lebih pengalaman seandainya ketemu bagaimana jaraknya gimana,” katanya.

Dia melanjutkan, disampaikan tim margasatwa Ragunan, buaya yang masih belum diketemukan dalam kondisi stres. Dikatakan Victor, buaya juga kemungkinan akan muncul ke permukaan karena membutuhkan sinar matahari.

Baca Juga :   Viral! Buaya 'Santai' Berjemur di Pinggir Sungai Enim

“Dari Taman Margasatwa ini buaya sedang dalam keadaan stres, jadi kalau lihat manusia dia menghindar. Nah karena dia badannya kan suhunya dingin dia membutuhkan panas jadi nanti dia muncul ke atas, nah saat itu nanti kita momen momen yang bisa dilakukan penangkapan,” jelasnya.

editor : red

buaya priok

Posting Terkait

Tinggalkan pesan