WOW !!! Pempek Lenggang Sepanjang 4 Meter Ini Habiskan 1,2 Ton Telur Ayam


KORDANEWS – Ada hal unik yang dilakukan alumni SMP Negeri (SMPN) 5 Palembang. Mereka pecahkan rekor MURI dengan membuat pempek lenggan yang besar. Ukurannya cukup fantastis yakni dengan panjang 4 meter, lebar 2 meter dan tebal 15,5 centi meter ini memakan waktu lima jam.

Ketua Panitia, Devi mengatakan, pihaknya sudah sejak pukul 6 pagi hingga pukul 11 siang melakukan hal tersebut. “Alhamdulillah pempeknya matang dengan sempurna,” katanya kepada wartawan.

Ada sebanyak 36 orang yang melakukan ini. Mereka lakukan secara gotong royong.

Ia mengatakan proses pembuatan ini melibatkan 36 orang yang dilakukan secara gotong royong. “Semua yang mengejarkan ini adalah para alumni dari berbagai lintas profesi tapi tak ada satu pun yang chef alias koki,” jelasnya.

Pempek lenggang ini dimasak dalam tiga lapisan dan dalam setiap lapisan ini memerlukan waktu hingga 1 jam lebih.

“Kita pakai arang sebanyak 100 karung yang kita letakkan diatas dan dibawah oven atau panggang besar ini,” tegas dia.

Selain itu, bahan yang dihabiskan yakni sebanyak 1,2 ton atau 1200 kilo telur ayam, 170 kilo ikan gabus, 170 kilo tepung kanji, 15 bungkus garam, 14 kilo gula pasir, 100 karung arang, dan puluhan lembar daun pelepah pisang kepok.

“Persiapan ini sudah kita lakukan selama dua bulan. Dan sempat kendala karena kita melalukan uji coba beberapa kali dan akhirnya bisa dilakukan sampai berhasil seperti saat ini,” pungkas dia.

editor : awan

No related post!

Tinggalkan pesan