Kalahkan Kolombia Jepang Catat Sejarah


KORDANEWS – Setelah bermain imbang dibabak pertama Jepang berhasil menang menghadapi Kolombia dengan skor akhir 2-1 penyisihan Grup H Piala Dunia 2018 di Mordovia Arena, Selasa (19/6).

Kemenangan ini, cukup mengejutkan hingga mencatat sejarah pada pelaksaan pertandingan Grup H. Pertama kartu merah yang di dapatkan pada saat pertandingan merupakan kartu merah petama di babak penyisihan Piala Dunia Rusia 2018. Kedua Jepang menjadi tim Asia pertama yang menang di laga perdana.

Ketiga laga ini menjadi pertandingan yang mengejutkan bagi publik pencinta sepakbola di belahan dunua. Lantaran Jepang sama sekali tidak diunggulkan untuk menang. Bahkan setelah pengusiran Sanchez tadi, mereka tidak difavoritkan menang

Kartu merah untuk pemain Kolombia terjadi. Disebabkan gelandang Carlos Sanchez harus mengakhiri laga lebih cepat karena diusir pada menit ke-3 dengan sengaja menahan bola dengan tangan.

Dia melakukan hal tersebut saat berusaha menahan bola tendangan Shinji Kagawa ke gawang yang tak terkawal dengan baik. Kiper David Ospina sudah salah posisi.

Kagawa, yang menjadi algoju hukuman tersebut dengan sempurna menjalankan tugasnya. Dia membuat Jepang unggul pada menit ke-6, sebelum disamakan tendangan bebas Juan Quintero pada menit ke-38.

Secara statistik, pertandingan ini berjalan sangat berimbang. Ini dilihat dari penguasaan bola dan jumlah peluang.

Baca juga: VIK Selamat Datang Piala Dunia 2018, dari Fakta, Rekor, hingga Jadwal

Sejak peluit kick-off dibunyikan, kedua tim langsung bermain dengan tempo yang cukup cepat.

Tidak butuh waktu lama untuk membuat laga ini menjadi menarik. Pada menit ke-3, Kolombia harus bermain dengan 10 orang setelah Carlos Sanchez mendapatkan kartu merah akibat menyentuh bola dengan tangan di kotak penalti.

Para pemain Kolombia yang tidak terima sempat melakukan protes cukup lama. Namun wasit tetap kukuh pada keputusannya untuk mengusir Sanchez dan memberi penalti kepada Jepang.

Kagawa yang menjadi algojo berhasil menuntaskan tugasnya untuk membuat Jepang unggul 1-0 pada menit ke-6.

Kalah jumlah pemain sejak awal, pelatih Kolombia, Jose Pakerman, mengubah strategi pada menit ke-31.

Penyerang sayap, Juan Cuadrado, ditarik keluar untuk digantikan oleh Wilmar Barrios yang berposisi gelandang tengah.

Kolombia berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-38. Juan Quintero dengan jeli melakukan tendangan bebas dari luar kotak penalti.

Dia menendang bola secara datar, sehingga si kulit bulat dengan mulus melewati pagar. Pasalnya, para pemain Jepang melompat.

Kiper sempat menahan bola yang sudah melewati garis gawang, sebelum menangkapnya. Para pemain Kolombia melakukan selebrasi karena tahu terjadi gol, meskipun kiper Jepang protes karena menilai bola belum masuk.

Namun, melalui VAR (Video Assistant Referee), terlihat jelas bahwa bola eksekusi Quintero sudah melewati garis gawang. Artinya, Kolombia mencetak gol dan skor menjadi imbang 1-1.

Setelah itu, tidak ada gol yang tercipta. Alhasil, kedudukan sama kuat 1-1 bertahan hingga turun minum.

Di pertengahan babak kedua, Yuya Osako membawa negeri Matahari Terbit itu unggul 1-2. Keisuke Honda yang masuk di menit 70 melayangkan satu sepak pojok. Akurat dan tertuju ke kepala Osako dan ia menanduk bola tepat arah, tak terjangkau kiper Ospina. Gol sehingga skor menjadi 2-1.

Namun secara statistik memang terlihat dampak dari Kolombia hanya bermain dengan 10 orang saja. Dominasi bola mendekati 60% untuk Jepang. Shots on target sampai mendekati akhir babak kedua ini adalah 6 untuk Samurai Biru dan hanya tiga untuk La Tricolor.

Top skor Kolombia, James Rodriguez, dimasukkan menit 59 tadi, tak tak membuat banyak dampak untuk negaranya.

Setelah injury time 5 menit, wasit akhirnya meniup peluit panjang. Hasil Kolombia vs Jepang ditutup dengan skor akhir 1-2.

Susunan pemain Kolombia versus Jepang:

Kolombia: 1-David Ospina; 4-Santiago Arias, 23-Davinson Sanchez, 3-Oscar Murillo, 17-Johan Mojica; 6-Carlos Sanchez, 16-Jefferson Lerma, 11-Juan Cuadrado, 20-Juan Quintero, 21-Jose Izquierdo; 9-Radamel Falcao

Pelatih: Jose Pekerman

Jepang: 1-Eiji Kawashima; 5-Yuto Nagatomo, 3-Gen Shoji, 22-Maya Yoshida, 19-Hiroki Sakai; 14-Takashi Inui, 10-Shinji Kagawa, 8-Genki Haraguchi, 7-Gaku Shibasaki, 17-Makoto Hasebe; 15-Yuya Osako

Pelatih: Akira Nishino

Wasit: Damir Skomina (Slovenia)

editor : lintang

No related post!

Tinggalkan pesan