Tegaskan Netral di Pilkada, Iriawan Akan Pegang Teguh Amanat Mendagri


KORDANEWS – Penjabat Gubernur Jawa Barat (Jabar), Komjen Mochamad Iriawan menegaskan, dirinya tidak akan mengorbankan kariernya di Polri dengan menyalahgunakan kekuasaan yang baru saja ia emban. Karena itu sama saja mencoreng namanya sendiri sebagai putera daerah Jabar. Ia tegaskan akan netral dalam Pilkada Jabar sebagaimana yang diamanatkan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang melantiknya.

“Saya sudah berdinas di Polri sejak 1984 dan sekarang saya hampir di penghujung karier saya. Apa mungkin saya mau mengorbankan atau menghancurkan karier saya di Polri yang sudah dengan susah payah saya titi selama hampir 34 tahun Sebagai putra daerah (Kuningan, Jabar) apa mungkin saya mencoreng muka saya sendiri di depan para sesepuh Jabar, dan rakyat Jabar?” Kata Iriawan, menanggapi adanya dugaan dan tuduhan bahwa dirinya tidak akan netral dalam Pilkada Jabar. Iriawan mengatakan itu di Bandung, Senin (18/6).

Tentunya, lanjut Iriawan, ia juga ingin mengukir nama baik dan sukses sebagai penjabat gubernur Jabar. Kepercayaan yang diberikan adalah amanah yang harus dipertanggungjawabkan dengan kinerja. Dan ia berjanji, akan memegang teguh apa yang dipesankan Mendagri, melayani masyarakat sebaik mungkin, mensukseskan Pilkada dan menjaga netralitas aparatur di Jabar.

“Bagaimana caranya saya tidak netral? Apakah dengan cara saya menggerakan komponen yang ada di Jabar untuk memenangkan salah satu pasangan calon tertentu? Kalau itu saya lakukan, pasti akan bocor dan ramai. Sangat besar risikonya untuk jabatan dan karier saya,” ujar Iriawan.

Seperti diketahui, Iriawan dilantik sebagai Penjabat Gubernur Jabar, Senin pagi di Gedung Merdeka, Bandung. Ia dilantik langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Sebelum dilantik jadi penjabat gubernur, Iriawan menjabat sebagai Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas). Iriawan akan menjabat sebagai Penjabat Gubernur Jabar sampai gubernur dan wakil gubernur terpilih hasil Pilkada dilantik.

Baca Juga :   Soal Pelantikan Iriawan, Mendagri: Saya Tak Mungkin Usulkan Penjabat Kalau Melanggar Aturan

“Saya ditunjuk dan diangkat sebagai penjabat gubernur tentu sudah sesuai perundangan dan ketentuan yang berlaku. Saya juga mengharapkan dukungan dan masukan dari para sesepuh Jabar. Saya kan putera daerah, sudah sepantasnya saya menghormati para sesepuh Jabar,” tuturnya.

Tentu sebagai orang yang diberi mandat dan kepercayaan, ia juga perlu masukan dan nasehat. Terutama dari para sesepuh di tatar Sunda.

“Saya tahu undak usuk (tatakrama). Saya sudah sepantasnya tahu diri, mendengarkan dan belajar dari pengalaman mereka. Saya berjanji akan menjaga nama naik diri, keluarga, Polri, dan tentu saja rakyat Jabar,” katanya.

Iriawan

Posting Terkait

Tinggalkan pesan